5 Fakta Menarik Belanda Gagal ke Piala Eropa 2016

Republik Ceko (putih) sukses mempermalukan Belanda di kualifikasi
Sumber :
  • Reuters/Toussaint Kluiters

VIVA.co.id - Tim nasional Belanda gagal melaju ke putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis. Pada saat dituntut untuk menang, The Flying Dutchmen justru kalah 2-3 dari Republik Ceko di laga pamungkas Grup A kualifikasi Piala Eropa 2016, Selasa 13 Oktober 2015 (Rabu dini hari WIB.

Kekalahan tersebut membuat Belanda hanya mampu duduk di peringkat keempat klasemen akhir. Dari 10 pertandingan, Wesley Sneijder dan kawan kawan hanya mengoleksi 13 poin. Hasil dari 4 kali menang, 1 imbang dan 5 kali kalah.

Ini menjadi kegagalan pertama Belanda sejak terakhir kali tak lolos ke putaran final pada Piala Eropa 1984. Tentu, ini mencoreng nama besar Belanda yang justru pernah merasakan gelar juara pada 1988.

Masih ada beberapa fakta menarik yang tercipta seusai laga kontra Islandia berakhir. Apa saja? (Baca juga: Tekuk Islandia, Turki Lolos Sebagai Peringkat 3 Terbaik)

Berikut fakta menarik usai Belanda ditumbangkan Republik Ceko versi Opta:

1. Pertama kali dalam sejarah Belanda kalah dua kali beruntun di kandang di kualifikasi Piala Eropa. Sebelum Rep. Ceko, Islandia yang membuat Belanda takluk di kandangnya dengan skor 0-1.

2. Robin van Persie menjadi pemain pertama yang mencetak 50 gol untuk Belanda.

3. Belanda kebobolan dua gol di babak pertama pada ajang ini untuk pertama kalinya sejak Oktober 2000. Ketika itu, mereka bertemu dengan Portugal.

4. Robin van Persie mencetak gol bunuh dini pertama bagi Belanda sejak November 2005. Pemain terakhir yang mencetak gol bunuh diri adalah Ron Vlaar ketika Belanda bersua Italia.

5. Ini merupakan kegagalan kelima Belanda lolos ke putaran final Piala Eropa. Kegagalan terakhir mereka terjadi pada tahun 1984.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016

(ren)

Pemain Timnas Jerman, Julian Draxler (kostum putih).

Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016

Bintang Wolfsburg ini mengalami cedera paha.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2016