Piala Eropa 2016

10 Pemain Ceko Kubur Mimpi Belanda ke Piala Eropa

Republik Ceko (putih) sukses mempermalukan Belanda di kualifikasi
Sumber :
  • Reuters/Toussaint Kluiters
VIVA.co.id
Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016
- Nasib sial harus diterima Belanda. Mereka dipastikan tak tampil di Piala Eropa 2016, setelah mengalami kekalahan dengan skor 2-3 saat menjamu Republik Ceko dalam laga pamungkas kualifikasi, di Amsterdam Arena, Selasa 13 Oktober 2015 atau Kamis dini hari.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016
Belanda sebenarnya mengawali pertandingan dengan cukup baik. Mereka mendapat peluang emas di menit pertama lewat Anwar El Ghazi. Namun, El Ghazi kurang tenang dalam menyelesaikan peluang dan bola sepakannya dengan mudah diblok oleh Petr Cech.

Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016
Pertahanan Ceko dikurung Belanda di sepanjang 15 menit awal pertandingan. Tapi, barisan pertahanan Ceko tampil solid dan membuat para pemain depan Belanda sedikit frustrasi.

Saat asyik menyerang, Belanda justru kebobolan di menit 24. Jiri Skalak dengan cermat melepaskan umpan kepada Pavel Kaderabek yang naik hingga lini pertahanan De Oranje.

Kaderabek kemudian memutuskan untuk melakukan tusukan ke dalam kotak penalti. Lalu, Kaderabek melepaskan sepakan keras yang menghujam pojok kanan gawang Belanda kawalan Jeroen Zoet.

Menit 35, Zoet dipaksa memungut bola dari gawangnya untuk kali kedua. Kali ini, Josef Surel berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai melewati hadangan Virgil van Dijk dan melepaskan sepakan yang terukur.

Ceko mendapatkan petaka jelang babak pertama berakhir. Marek Suchy diusir wasit karena melanggar Memphis Depay dengan keras. Meski begitu, hingga jeda keunggulan 2-0 Ceko bertahan.

Di babak kedua, Belanda yang unggul jumlah pemain terus menekan Ceko. Sayangnya, mereka tak mampu menembus barisan pertahanan Ceko.

Apesnya lagi, Belanda harus kebobolan untuk kali ketiga pada menit 66. Robin van Persie membuat gol bunuh diri usai salah mengantisipasi sepakan bebas Jiri Skalak.

Belanda baru bisa membobol gawang Ceko di menit 70. Umpan lambung Wesley Sneijder sukses diteruskan oleh Klaas Jan Huntelaar lewat tandukannya. Bola pun meluncur mulus ke dalam gawang Petr Cech.

Van Persie berhasil menebus kesalahannya di menit 83. Sepakan lemahnya berhasil memperkecil ketertinggalan Belanda menjadi 2-3.

Namun, hingga akhir laga, Belanda gagal menambah gol. Kekalahan 2-3 dari Ceko memaksa De Oranje harus absen di Piala Eropa 2016. Mereka hanya menempati peringkat 4 klasemen akhir Grup A kualifikasi dengan koleksi 13 poin.

Sementara itu, di pertandingan lain Turki berhasil menang dengan skor 1-0 atas Islandia. Dengan hasil tersebut, Turki dipastikan akan bermain di fase playoff demi memperebutkan tiket lolos ke Piala Eropa 2016.

Susunan Pemain
Belanda: Jeroen Zoet (GK); Kenny Tete, Jeffrey Bruma, Virgil van Dijk (Bas Dost 64'), Jairo Riedewald (Robin van Persie 39'); Daley Blind, Georginio Wijnaldum, Wesley Sneijder; Memphis Depay, Anwar El Ghazi (Jeremain Lens 69'), Klaas Jan Huntelaar.

Republik Ceko: Petr Cech (GK); Pavel Kaderabek, Michal Kadlec, Theodor Gebre Selassie, Marek Suchy; David Pavelka; Jiri Skalak, Jaroslav Plasil (Milan Skoda 86'), Vladimir Darida, Josef Sural (Tomas Kalas 71'); Tomas Necid (Vaclav Porchazka 46').
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya