4 Tim Debutan di Piala Eropa 2016

Para pemain Albania usai laga Kualifikasi Piala Eropa 2016
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016
- Berbagai kejutan terjadi di Kualifikasi Piala Eropa 2016. Negara-negara yang sebelumnya tidak diunggulkan malah berhasil melenggang ke Prancis.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016
Saat ini, sudah 16 tim yang memastikan tiket ke Piala Eropa tahun depan. Menariknya, 4 di antara tim-tim tersebut merupakan tim debutan. Albania menjadi tim debutan terakhir yang memastikan diri lolos, usai mengalahkan tuan rumah Armenia 3-0, Minggu 11 Oktober 2015.

Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016
Siapa sajakah tim-tim yang baru merasakan tampil di Piala Eropa? Berikut ulasan singkatnya:

1. Islandia

Semula tak ada yang menduga Islandia bisa lolos. Apalagi mereka tergabung di Grup A dan harus bersaing dengan Republik Ceko, Turki, dan Belanda. Siapa sangka, Islandia malah berhasil melenggang ke Prancis.

Hebatnya tim yang ditukangi duet pelatih Lars Lagerback dan Heimir Hallgrímsson mampu dua kali menaklukkan Belanda (2-0 di Islandia, dan 1-0 di Belanda). Piala Eropa tahun depan menjadi turnamen mayor pertama yang diikuti Islandia. Sebelumnya, mereka tak pernah tampil di Piala Eropa dan Piala Dunia.

2. Irlandia Utara

Langkah Irlandia Utara ke Prancis dipastikan usai menekuk Yunani 3-1 di Windsor Park, Kamis 8 Oktober 2015. Ini menjadi Piala Eropa perdana untuk tim berjuluk Green and White Army tersebut. Namun, di Piala Dunia mereka sempat berpartisipasi pada 1958, 1982, dan 1986.

3. Wales

Meskipun sering dihuni banyak pemain bintang, Wales senantiasa kesulitan menembus turnamen mayor. Turnamen besar terakhir yang mereka ikuti adalah Piala Dunia 1958. Wales akhirnya memutus hasil buruk di kualifikasi kali ini. The Dragons mencatat sejarah untuk kali pertama tampil di Piala Eropa.

4. Albania

Berada satu grup dengan Portugal, Denmark, dan Serbia tak banyak yang menjagokan Albania lolos. Nyatanya, tim berjuluk The Eagles ini berhak mendampingi Portugal untuk lolos ke Prancis. Piala Eropa tahun depan menjadi turnamen mayor pertama yang diikuti Albania.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya