Wasit Legendaris Italia Bicara Insiden Patah Kaki Luke Shaw

Ketua Komisi Wasit UEFA, Pierluigi Collina
Sumber :
  • Zimbio
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Insiden yang mengakibatkan bek sayap Manchester United, Luke Shaw, patah kaki parah dalam laga beberapa waktu lalu, menjadi sorotan wasit legendaris Italia, Pierluigi Collina. Bagaimana pendapatnya soal insiden ini?

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Seperti diketahui, Shaw ditekel keras Hector Moreno saat MU melawan PSV Eindhoven di ajang Liga Champions, pertengahan September silam. Saat itu, wasit Nicola Rizzoli sama sekali tidak menghukum Moreno.
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?


Banyak pihak mendukung keputusan Rizzoll. Legenda MU yang terkenal bengal, Roy Keane, menyebut Moreno melakukan tekel cerdas dan bukan pelanggaran. Wasit Piala Dunia, Howard Webb, juga menilai keputusan Rizzoli adalah keputusan yang tepat.


Namun, Collina punya pendapat lain. Wasit yang dikenal tegas ini menolak anggapan yang menilai Moreno tidak bersalah dan insiden itu hanya kecelakaan. Menurutnya, tekel brutal seperti itu sudah selayaknya dihukum.


"Jika Anda melihat cuplikan video insiden ketika Shaw mengalami cedera serius kaki patah, bek memang dalam situasi kontak dengan bola," kata Collina seperti dilansir 101greatgoals, Sabtu 10 Oktober 2015.


"Di atas lapangan, (para pemain) tidak ada yang beraksi. Karena pemahaman umum, ketika ada kontak dengan bola, maka itu bukan sebuah pelanggaran," kata Collina.


Collina menjelaskan, seharusnya wasit jeli dalam melihat insiden ini dan langsung memberikan hukuman. Karena aksi yang dilakukan Moreno terlihat jelas membahayakan keselamatan lawan. 


"Kita harus waspada, jika ingin melindungi keselamatan para pemain, maka setiap perebutan bola yang berisiko membahayakan lawan harus dihukum. Sepakbola bukan segalanya, keselamatan pemain di atas sepakbola," tutur Collina. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya