Piala Eropa 2016

Xavi Minta Fans Spanyol Berhenti Membenci Pique

Spanyol vs Portugal
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina
VIVA.co.id
Spanyol Tunjuk Pengganti Fernando Hierro
- Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, meminta kepada para penggemar tim nasional Spanyol agar berhenti menunjukkan kebencian terhadap Gerard Pique. Seperti diketahui, Pique menjadi bahan ejekan para penggemar Tim Matador kala berhadapan dengan Macedonia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2016, awal September 2015 lalu.

Resmi, Fernando Hierro Mundur dari Timnas Spanyol

Ejekan yang dialamatkan kepada bek yang bermain untuk Barcelona itu disinyalir akibat dari tindakannya mengejek Real Madrid di musim lalu. Pique yang larut dalam euforia kemenangan treble winners yang diraih klub asal Catalan itu mengeluarkan pernyataan yang menyakitkan hati fans Madrid.
Kiper Senior Spanyol Kritik Bola Piala Dunia 2018


Namun, efek dari ucapan bek berusia 28 tahun itu akhirnya terbawa hingga ke level Timnas. Bermain di bawah tekanan yang ditujukan secara personal oleh para penonton tentu akan sangat merugikan bagi Pique.


Dan bukan tidak mungkin, dalam kondisi seperti itu, penampilan dia akan ikut terpengaruh, kemudian akan berimbas kepada permainan tim secara keseluruhan. Itu sebabnya, Xavi sebagai mantan andalan Tim Matador meminta kepada fans agar tidak memperlakukan Pique dengan buruk.


"Telah tiba waktunya untuk fans mengurangi siulan dan menunjukkan lebih banyak dukungan. Pique adalah pemain yang luar biasa, dan dapat membuat perbedaan baik saat bermain di Barcelona maupun Spanyol," kata Xavi seperti dilansir
Marca
.


"Dia adalah salah satu bek terbaik di dunia, dan fans sudah selayaknya menunjukkan rasa hormat kepadanya," tambah pemain yang kini bermain di Liga Qatar bersama Al Sadd itu.


Dukungan kepada suami dari Shakira itu ternyata juga datang dari sang pelatih, Vicente Del Bosque. Menurutnya, Pique layak mendapatkan dukungan dari penonton karena dia memiliki andil besar dalam skuad asuhannya.


"Suasana ini akan menjadi baik dengan Pique berada di dalam tim. Dia harus diperlakukan sama dengan pemain yang lain. Kami berharap di pertandingan selanjutnya para penggemar dapat menujukkan dukungan yang baik," ujar Del Bosque.


Spanyol akan melokoni partai ke-9 di Grup C kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan Luxemburg. Mereka hanya tinggal membutuhkan 1 kemenangan lagi guna memastikan tiket menuju Prancis tahun depan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya