Ada Jurang Perbedaan Antara Messi dan Ronaldo

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS / Phil Noble
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Pembandingan antara penyerang Barcelona, Lionel Messi dan winger Real Madrid, Cristiano Ronaldo belum juga berhenti. Tapi, menurut legenda sepakbola Belanda, Johan Cruyff, Messi merupakan pemain yang lebih komplet ketimbang CR7.

10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat
Cruyff, yang pernah menjadi pemain dan pelatih Barcelona, menganggap Ronaldo sebagai pemain bagus, tapi berorientasi pada gol. Sedangkan Messi tak cuma jago mencetak gol, tapi juga memotivasi tim untuk tampil bagus dan konsisten.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi
"Ronaldo merupakan pemain hebat, tapi dia seorang pencetak gol. Dia tak akan pernah bisa menjadi pemain yang mempengaruhi tim untuk tampil baik. Yang dipedulikannya adalah sentuhan akhir," kata Cruyff, sebagaimana dikutip dari Sport.

"Messi lebih berperan sebagai pemain tim ketimbang Cristiano. Dia menciptakan operan dan juga assist lebih banyak. Jadi bagai saya, sebagai seorang pemain, bukan pencetak gol, yang terbaik adalah Messi," lanjut pria berusia 68 tahun tersebut.

Cruyff juga menekankan, Ronaldo tak bisa disejajarkan dengan Messi. "Bagi saya, ada jurang perbedaan antara menjadi pemain hebat dan pencetak gol," kata pria yang membawa Barcelona meraih empat titel La Liga saat menjabat pelatih itu.

Dan, Cruyff pun memberi prediksinya soal siapa yang bakal memenangi trofi Ballon d'Or 2015."(Pemenang) Ballon d'Or tahun ini pasti Messi. Tak usah didiskusikan lagi," ucap mantan pemain dengan nama lengkap Hendrik Johannes Cruijff itu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya