10 Fakta Menarik Porto Vs Chelsea yang Jarang Diketahui

Pemain Chelsea rayakan gol Diego Costa
Sumber :
  • Reuters / Stefan Wermuth

VIVA.co.id – Porto akan menjamu Chelsea di Estadio Do Dragao pada laga lanjutan Grup G Liga Champions, Rabu 30 September 2015 dini hari WIB. Laga ini menjadi ajang reuni Jose Mourinho dengan Porto.

Pelatih Chelsea itu memang pernah mengarsiteki Porto pada medio 2002–2004, dan membawa tim asal Portugal itu menjuarai Liga Champions pada musim 2003-2004. Selain reuni dengan Porto, dia juga akan berjumpa dengan Iker Casillas.

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal

(Baca juga: 9 Fakta Menarik Jelang Duel Arsenal Vs Olympiacos)

Keduanya sempat bekerja sama di Real Madrid, sebelum pada akhirnya berpisah karena Mourinho memilih kembali ke Chelsea pada 2014. Terlepas dari itu, laga ini diprediksi akan berlangsung cukup sengit.

Chelsea memiliki catatan cukup baik kala melawan tim asal Portugal itu. Sedangkan Porto memiliki rekor cukup bagus dalam laga kandang di beberapa laga terakhirnya. Masih banyak fakta-fakta menari dari laga ini, yang dirangkum dari situs UEFA.

Berikut Fakta-fakta Menarik Porto Vs Chelsea:


1. Terakhir kali Porto melawan tim asal Inggris, yakni pada babak 32 besar Europa League. Mereka kalah 2-1 saat menjamu Manchester City, dan kembali menelan kekalahan kala betandang ke Etihad Stadium dengan skor 0-4.

2.
Secara keseluruhan Porto telah memainkan 30 pertandingan melawan klub-klub asal Inggris di Eropa. Statistik mencatat, Porto merain 6 kemenangan, 8 imbang dan 16 kali kalah.  Untuk laga kandang menang 6, imbang 6 dan kalah 3 kali.

3.
Chelsea berhasil memperpanjang dominasi atas tim-tim asal Portugal dengan mencatat 8 kemenangan secara beruntun.

4. Rekor  Chelsea melawan klub Portugal adalah 9 kali menang dan masing-masing kalah dan imbang 1 kali. 

5. Andai Porto memainkan Iker Casillas, maka sang kiper akan mencatat 152 penampilan di Liga Champions. Itu akan menjadi terbanyak dalam sejarah Liga Champions, atau unggul satu laga atas Xavi Hernandez yang mencatat 151 penampilan.

6.
Porto tak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir di semua kompetisi. Mereka juga tidak pernah  kebobolan dalam 13 laga kandang di kompetisi domestik, kekalahan terakhir saat menjamu Benfica dengan skor 0-2.

7. Tren kemenangan Chelsea di 3 laga terakhir di semua kompetisi terhenti saat bermain imbang 2-2 melawan Newcastle, akhir pekan lalu.  Tim asuhan Jose Mourinho itu mencetak 12 gol dalam 4 laga terakhir.

8.
Pemain belia Chelsea, Kurt Zouma, telah mencetak gol pertamanya di Premier League saat menang 2-0 atas Arsenal pada 19 September lalu. Sedangkan Kenedy membuka rekening gol untuk Chelsea saat mengalahkan Walsall FC 4-1 di Capital One Cup.

9.
Porto yang diasuh oleh Julen Lopetegui tak terkalahkan dalam 10 laga kandang di kompetisi Eropa, dengan meraih 7 kemenangan dan 3 kali imbang.

10.  Winger anyar Chelsea, Pedro Rodriguez, telah 4 kali membobol gawang Iker Casillas saat masih bermain di Barcelona. Yakni pada musim 2009-2010, 2010-2011, semifinal Liga Champions 2010-2011 dan di Piala Super Spanyol 2012. (one)

Undian Liga Champions

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Format baru Liga Champions kaitannya dengan jumlah tim di dalam babak penyisihan grup Liga Champion.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2022