VIDEO: 6 Gol Bersejarah dalam Karir Rooney

Wayne Rooney saat bermain untuk Manchester United
Sumber :
  • Mirror
<
Rekor Buruk Mourinho di MU
p>
MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
VIVA.co.id - Sejarah baru saja diciptakan oleh Wayne Rooney. Pemain 29 tahun ini tercatat sebagai top scorer sepanjang masa Inggris dengan torehan 50 gol.
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus
 
Rooney sukses melewati rekor gol legenda Inggris, Sir Bobby Charlton, yang mengumpulkan 49 gol. Torehan gol mantan pemain Everton ini juga di atas para legenda The Three Lions, dari mulai Gary Lineker (48 gol), Jimmy Greaves (44 gol), dan Michael Owen (40 gol).
 
Catatan karir gemilang telah dilewati Rooney, baik bersama Everton, Manchester United, dan juga Timnas Inggris. Berikut 6 gol paling penting dalam karir Rooney, seperti dilansir The Age:
 
1. Gol Pertama di Timnas Inggris
Rooney sudah melakoni debut di Timnas Inggris saat melawan Australia, 12 Februari 2003. Saat itu, dia baru berusia 17 tahun 111 hari. 
 
Gol pertama Rooney bersama The Three Lions akhirnya hadir pada 6 September 2003. Dia mencetak gol saat Inggris menekuk Macedonia 2-1. Dengan usia 17 tahun 317 hari, Rooney tercatat sebagai pencetak gol termuda Inggris.
 
(Selanjutnya: gol perdana di Piala Dunia)
 
2. Gol Pertama di Piala Dunia
Rooney tergolong sial di Piala Dunia. Sempat tampil di Piala Dunia 2006 dan 2010, dia tak kunjung mencetak gol. Akhirnya, kebuntuan pecah di Piala Dunia 2014 Brasil. Dia sukses mencetak gol ke gawang Uruguay di penyisihan grup di Arena Corinthians. Sayangnya, The Three Lions tetap takluk 1-2.
 
(Selanjutnya: gol ke-50 Rooney di Inggris)
 
3. Gol ke-50 Rooney di Inggris
Stadion Wembley menjadi saksi sejarah kehebatan Rooney. Lewat gol dari titik penalti ke gawang Swiss di Kualfikasi Piala Eropa 2016 pada 8 September 2015, Rooney mencatatkan sejarah baru. Dia menjadi top scorer sepanjang masa Inggris, dengan torehan 50 gol, melewati rekor Sir Bobby Charlton.
 
 
(Selanjutnya: saat masih 16 tahun, Rooney hadirkan mimpi buruk untuk Arsenal)
 
4. Gol Pertama di Premier League
Arsenal menjadi korban Rooney yang saat itu baru berusia 16 tahun. 19 Oktober 2002, bocah Everton tersebut sukses mencetak gol di menit-menit akhir dan membawa timnya menang 2-1. Ini mengakhiri rekor 30 laga tak terkalahkan Arsenal di Premier League. Rooney saat itu menjadi pencetak gol termuda di Premier League, sebelum dipatahkan rekan setimnya, James Vaughan dan James Milner, yang saat itu membela Leeds United.
 
 
(Selanjutnya: Gol spektakuler ke gawang Newcastle United)
 
5. Gol Spektakuler ke Gawang Newcastle United
Musim perdana di Manchester United, Rooney sukses mencetak gol spektakuler pada 24 April 2005 di kancah Premier League. Dia mencetak tendangan voli dari luar kotak penalti ke gawang Newcastle United. Bola belum menyentuh tanah, tendangannya sukses meluncur keras ke gawang The Magpies.
 
 
(Selanjutnya: Tendangan salto ke gawang Manchester City)
6. Tendangan Salto ke Gawang Manchester City
Ini bisa dibilang sebagai gol terbaik sepanjang karir Rooney dan terjadi di derby Manchester. 12 Februari 2011, saat laga memasuki menit 78, Rooney melepaskan tendangan salto ke gawang ManCity. Setan Merah akhirnya sukses menang 2-1. (one)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya