Kualifikasi Piala Eropa 2016

LIVE MATCH: Rooney Buat Sejarah Baru di Wembley

Wayne Rooney beraksi dalam pertandingan melawan Swiss di Wembley
Sumber :
  • Reuters / Carl Recine Livepic
VIVA.co.id
Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016
- Pergantian kedua yang dilakukan bos Inggris Roy Hodgson, dengan memasukkan Harry Kane untuk Jonjo Shelvey di menit ke-57, membuahkan hasil dengan gol yang dicetak Kane 10 menit kemudian, meneruskan umpan matang Luke Shaw.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016

Wayne Rooney akhirnya berhasil memenuhi ambisi menjadi pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa, dengan mencetak gol ke-50 dari titik penalti pada menit ke-84, menyusul pelanggaran terhadap Raheem Sterling dalam kotak penalti.
Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016


Setelah bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 di Wembley, pada Rabu dini hari, 9 September 2015, Inggris dan Swiss saling ganti menekan pada babak kedua.

Beberapa peluang bagus didapatkan kedua tim, tapi tidak gol lain yang tercipta, pertandingan berakhir dengan kemenangan Inggris 2-0 atas Swiss, di stadion kebanggaan publik Inggris yang berkapasitas 90.000 tempat duduk.


Sejumlah mantan pemain Inggris tampak hadir di Wembley, untuk turut merayakan sejarah yang dibuat Rooney. Diantaranya mantan kapten timnas Inggris David Beckham, yang tampak langsung berdiri memberi aplaus bagi Rooney.


Sebenarnya Rooney telah mendapat peluang bagus pada menit ke-16, tapi tendangannya dari depan gawang Swiss jauh melebar. Dia terlihat kehilangan percaya diri, ketika semestinya dia dapat dengan mudah mengalahkan kiper Swiss.


Wayne Rooney mencetak gol ke-49 dari titik penalti di menit ke-13, dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan San Marino yang berakhir 6-0 pada Sabtu, 5 September 2015, untuk menyamai rekor Sir Bobby Charlton.


Dua bintang berbeda generasi itu sama-sama mencetak 49 gol dalam 106 pertandingan bersama Inggris, tapi kini Rooney unggul karena telah berhasil mencetak gol ke-50, yang artinya mengalahkan Bobby Charlton.


Di usianya yang baru 29 tahun, Rooney pun masih punya kesempatan untuk menambah gol bagi tim Tiga Singa, dua pertandingan kualifikasi yang tersisa di Grup E, serta putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis.


Bermodalkan performa apik, dengan raihan hasil sempurna dalam tujuh laga klasifikasi Piala Eropa 2016, anak-anak asuh Roy Hodgson berharap dapat memenangkan Piala Eropa, yang tentu akan menambah sempurna catatan rekor Rooney.


Inggris adalah satu dari dua tim sepakbola tertua di dunia, bersama dengan Skotlandia, tapi tidak pernah berhasil memenangkan Piala Eropa. Capaian tertinggi Inggris sepanjang sejarah Piala Eropa hanya semifinal pada 1996.


Sementara Piala Dunia hanya satu kali berhasil didapat pada 1966, sebagai catatan khusus yang melengkapi rekor Sir Bobby Charlton, membuatnya layak menyandang status legenda sepakbola Inggris.


Walau seolah kurang mentereng tanpa gelar juara, tapi rekor gol Rooney akan cukup membuatnya dikenang, setidaknya hingga satu dekade mendatang, karena bakal butuh waktu lama untuk menyaingi jumlah 50 golnya.


Danny Welbeck dengan torehan 14 gol, menjadi pemain muda Inggris yang masih aktif dengan jumlah lebih dari 10 gol. Mencetak 36 gol tambahan, jelas butuh kerja keras jika Welbeck ingin menyaingi rekor Rooney.




Susunan Pemain:


Inggris:
Joe Hart, Nathaniel Clyne (John Stones), Gary Cahill, Chris Smalling, Luke Shaw, James Milner, Jonjo Shelvey (Harry Kane), Fabian Delph (
Ross Barkley)
, Alex Oxlade-Chamberlain, Wayne Rooney, Raheem Sterling


Swiss:
Yann Sommer, Stephan Lichtsteiner, Timm Klose, Fabian Schar, Ricardo Rodriguez, Granit Xhaka, Gokhan Inler, Valon Behrami, Xherdan Shaqiri, Josip Drmic (Breel Embolo), Valentin Stocker

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya