Bursa Transfer Sibuk, 'Agen Super' Kembali Ketiban Untung

Agen super Jorge Mendes di ruang kerjanya
Sumber :
  • nouvelobs
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Jorge Mendes adalah salah satu figur paling berpengaruh dalam sepakbola profesional. Musim panas ini saja, pria 49 tahun itu ada andil dalam transfer sebesar 400 juta Euro sepanjang bursa musim panas.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Mendes menjadi agen yang paling diuntungkan dari sibuknya bursa transfer tahun ini. Di Inggris, tempat klub-klub besar membelanjakan 1,2 miliar euro untuk beli pemain, Mendes setidaknya terlibat dalam tiga transfer termahal.
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?


Paris Saint-Germain membayar Manchester United sebesar 63 juta euro untuk Angel Di Maria, lalu MU membayar AS Monaco sebesar 50 juta euro untuk Antony Martial, dan Nicolas Otamendi meninggalkan Valencia ke Manchester City dengan banderol 45 juta euro.


Transfer lain yang juga ditangani oleh pria Portugal ini adalah kepindahan Jackson Martinez (Porto ke Atletico Madrid seharga 35 juta euro), Arda Turan (Atletico Madrid ke Barcelona sebesar 34 juta euro), dan Abdennour (Monaco ke Valencia dengan harga 25 juta euro).


Sebenarnya masih banyak klien Mendes lainnya yang berpindah klub. Mulai yang dari berharga dua digit sampai yang masih berkisar di bawah 5 juta euro. Total transfer sampai 400 juta euro, sebuah angka yang luar biasa.


Mendes sendiri sudah memulai karier sebagai agen pemain sejak 1995 silam ketika bekerja sama dengan kiper yang kurang terkenal saat itu, Nuno Espirito Santo dari Victoria Guimaraes ke Depostivo La Coruna. Sejak saat itu, menurut
Sportingintelligence
, Mendes sudah menjebolkan transfer sampai 1,068 miliar poundsterling atau setara dengan Rp22 triliun.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya