Daftar Rekor Sepakbola yang Tembus Guinness World Records

Pemain Barcelona, Lionel Messi, saat lawan Bayern Munich
Sumber :
  • REUTERS/Gustau Nacarino

VIVA.co.id - Lembaga pencatat rekor yang tercipta di dunia, Guinness World Records baru saja merilis daftar rekor-rekor yang terjadi di lapangan hijau dan sukses menembus dalam daftar buku mereka.

MU Punya Pemain 'Ajaib', Titisan Ronaldo dan Messi

Manajer Chelsea, Jose Mourinho, berhasil memboyong empat penghargaan sekaligus berkat pencapaian apiknya saat menangani beberapa klub berbeda selama karier kepelatihannya.

Catatan pencapaiannya yang sekaligus menjadi rekor adalah raihan 95 poin di Premier League musim lalu bersama Chelsea. Kemudian, dia juga mencatatkan kemenangan paling banyak di Liga Champions dengan beberapa klub berbeda.

Pria asal Portugal tersebut juga tercatat sebagai manajer termuda yang melakoni 100 kali pertandingan di Liga Champions. Rekor lainnya yang diciptakannya adalah jumlah pertandingan tak terkalahkan di kandang sendiri sebanyak 77 kali ketika menangani The Blues.

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Berikut kami sajikan daftar rekor lain yang terjadi di lapangan hijau seperti dilansir dari laman resmi Guinness World Records:

Pencetak gol terbanyak di Liga Champions

Catatan gol Lionel Messi di ajang Liga Champions berhasil menembus daftar rekor Guinness 2016 mendatang. Torehan 77 gol yang dicetaknya selama berseragam Barcelona itu menjadi yang tertinggi di atas bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo yang mencetak 75 gol.

Tendangan Bebas Fantastis Messi Warnai Kemenangan Barca

Pemain tertua yang berhasil mencetak gol di Liga Champions

Rekor ini dipegang kapten AS Roma, Francesco Totti. Dia mencetak gol ke gawang CSKA Moskow saat di usia 38 tahun 59 hari. Catatan itu membuat Totti mengungguli legenda Manchester United, Ryan Giggs yang memiliki rekor 37 tahun 290 hari.

Pemain termuda dalam ajang Kualifikasi Piala Eropa

Gelandang tim nasional Norwegia, Martin Odegaard, mencatatkan diri dalam buku rekor Guinness sebagai pemain termuda yang pernah tampil di ajang Kualifikasi Piala Eropa. Saat itu usia pemain Real Madrid tersebut baru menginjak 15 tahun 300 hari.

Pemain terbaik Afrika empat kali berturut-turut

Yaya Toure meraih gelar pemain terbaik Afrika empat kali berturut-turut. Pencapaian itu membuat dia menciptakan rekor baru. Pemain asal Pantai Gading itu sejak tahun 2011 hingga 2014 selalu terpilih menjadi yang terbaik.

Raihan gol terbanyak yang dicetak oleh kiper

Rogerio Cerni berhak mendapatkan penghargaan Guinness World Records berkat torehan 124 gol yang disumbangkannya untuk Sao Paulo. Jumlah gol tersebut rata-rata dicetak oleh Cerni melalui titik putih ditambah eksekusi tendangan bebas.

Kartu merah tercepat di ajang Copa Libertadores

Gelandang bertahan milik Atletico Nacional, Alejandro Bernal, menjadi pemegang rekor sebagai pesepakbola yang paling cepat diusir wasit di ajang Copa Libertadores. Pemain asal Kolombia tersebut hanya berada di lapangan selama 27 detik.


Pencetak gol terbanyak sepakbola wanita di ajang internasional

Pemain sekalgus pelatih tim nasional Amerika Serikat ini total mencatatkan 178 gol di ajang internasional hingga Maret 2015 ini. Peraih dua kali medali emas Olimpiade ini berposisi sebagai ujung tombak Timnas AS.

Even olahraga yang mendapat respon terbanyak di Twitter

Laga final Piala Dunia 2014 yang mempertemukan Jerman dengan Argentina rupanya memiliki catatan yang mengejutkan. Guinness World Records mencatat, setiap menit ada 618.725 kicauan di Twitter yang terkait pertandingan itu.

Pemain dengan rekor tak terkalahkan terbanyak di Bundesliga

Jerome Boateng menjadi salah satu pemegang rekor Guinness World Records berkat catatan tidak pernah mengecap kekalahan dalam 56 pertandingan yang dilaluinya di Bundesliga. Catatan itu dihitung sejak 3 November 2012 hingga 19 Desember 2014.

Tim nasional dengan kekalahan berturut-turut terbanyak

Tim nasional San Marino menjadi pemegang rekor dunia yang bisa dibilang bermakna negatif. pasalnya mereka menjadi tim dengan catatan kekalahan beruntun terbanyak, yakni sebanyak 61 kekalahan sepanjang 4 September hingga 14 Oktober 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya