10 Ritual dan Takhayul Pemain Liverpool

Sumber :
  • Reuters/Andrew Boyers
VIVA.co.id
Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool
- Striker
Daniel Sturridge
Terpopuler: Jojo Rusak Pesta China, Elkan Baggott Menggila
yang telah mencetak 40 gol dalam 67 permainan untuk Liverpool, suka melakukan beberapa hal secara berbeda, seperti berjalan membelakangi ke lapangan sebelum pertandingan.
Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang

Bintang the Reds ini juga menonton semua gol yang pernah dibuatnya, untuk mendapatkan mood dan visi, tentang bagaimana dia ingin pertandingan berjalan.

Mantan kiper Liverpool Pepe Reina
, mengungkap dalam otobiografinya, tentang ritual yang dia lakukan sehari sebelum pertandingan, dengan memakan dua ham dan keju panggang, serta meminum segelas anggur.


Tapi, kebiasaannya yang paling aneh, adalah bagaimana dia harus pergi ke pom bensin yang sama, untuk setiap pertandingan kandang, sekalipun dia tidak perlu mengisi bensin untuk mobilnya. Dia juga punya tempat parkir khusus di Anfield.


David James
yang merupakan kiper pemegang rekor
clean sheet
Premier league, mengatakan, ritualnya sebelum pertandingan sangat kompleks. Bahkan, ada daftar yang memenuhi satu buku, termasuk kencing dan meludah di tembok.


Dirk Kuyt
dikenal sebagai DJ ruang ganti, setelah bergabung dengan Liverpool pada 2010. Kuyt akan menghubungkan iPod ke pengeras suara, dan memainkan lagu-lagu pilihannya.


Bek Liverpool
Kolo Toure
, punya keyakinan bahwa dia harus menjadi pemain terakhir yang masuk ke lapangan, setiap kali mereka melewati terowongan. Kebiasaannya itu sempat menjadi persoalan, saat masih berseragam Arsenal.


Dia tidak dapat bermain pada babak kedua pertandingan melawan AS Roma di Liga Champion, karena harus menunggu rekan satu timnya William Gallas, yang harus menjalani perawatan dari tim medis karena cedera.


Tidak terbayang apa yang terjadi, jika
Paul Ince
masih bermain di Anfield pada saat yang sama dengan Kolo Toure. Karena, Ince juga memiliki kepercayaan harus jadi pemain terakhir yang masuk ke lapangan.


Namun, berbeda dengan Toure, Ince akhirnya menemukan kompromi, dengan cara tidak mengenakan seragamnya sebelum melewati terowongan.


Robbie Fowler
bersikeras dia tidak pernah percaya takhayul selama kariernya di Liverpool. Tapi, pencetak 183 gol dari 369 pertandingan, itu suka mengenakan kasus kaki dobel, serta mengenakan sepasang sepatu berukuran lebih kecil.


Dia berdalih itu membuat kakinya jadi lebih sensitif pada bola.


Kiper legendaris Liverpool,
Bruce Grobbelaar
, yang memenangi 12 trofi selama 628 pertandingannya bersama Liverpool, terkenal karena perilaku nyentriknya di lapangan. Dia punya ritual, yang diakuinya sempat membuat kesal rekan setim.


"Di Anfield saya memiliki sedikit ritual. Ganti seragam, memakai sepatu, lalu melempar bola ke lampu. Jika lampu mati, baru saya akan berhenti," kata Grobbelaar.


Pada suatu ketika, dia seperti biasa melakukan ritualnya, tapi tidak juga berhasil mematikan lampu, hingga semua rekannya telah keluar kamar ganti. Seorang pemain kemudian kembali ke ruangan, mematikan lampu dan menyuruhnya keluar.


Ritual pencetak 346 gol Liverpool,
Ian Rush
, bermula dari insiden kecil jelang pertandingan melawan Luton Town, Oktober 1983. Rush menemukan sepatunya telah mengering dan keras, hingga dia mencucinya dalam air agar lebih nyaman digunakan.


Dia kemudian mengenakannya, mencetak lima gol dalam pertandingan yang dimenangkan Liverpool dengan skor 6-0. Mencuci sepatu sebelum pertandingan menjadi rutinitasnya sejak itu.


Steve McMahon
disebut merupakan satu-satunya pemain Liverpool, yang memiliki teknik terbaik untuk membuka kaleng biskuit. Dia pun ditunjuk sebagai pembuka kaleng biskuit, sebelum pelatih membicarakan strategi permainan jelang pertandingan.


Jadi, para pemain Liverpool saat itu, memohon agar McMahon tetap berada di Melwood, sekalipun dia harus absen karena cedera, hanya untuk melakukan ritual membuka kaleng biskuit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya