Kirim 5 Wakil, Bukti Hegemoni Klub Spanyol di Liga Champions

Barcelona juara Liga Champions 2014/2015
Sumber :
  • Reuters / Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id - Keberhasilan Valencia lolos ke babak utama Liga Champions, menorehkan sebuah rekor baru. Pasukan Nuno Espirito Santo jadi tim Spanyol kelima yang berhasil menembus babak utama Liga Champions musim ini.

Valencia jadi klub Spanyol kelima yang berhak tampil di Liga Champions musim ini, setelah Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Sevilla.

Meski kalah 1-2 dari Monaco di leg kedua play-off, Valencia tetap lolos karena di pertemuan pertama berhasil menang 3-1.

Lolosnya Valencia ke Liga Champions musim ini menghadirkan sejarah baru di Liga Champions. Spanyol adalah negara pertama yang berhasil mengirim 5 wakil sekalgus dalam satu musim.

Hal ini kian menegaskan dominasi Spanyol atas negara-negara Eropa lainnya di Benua Biru, dalam kurun waktu satu dekade terakhir.

Dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid adalah dua klub yang berhasil menjadi jawara dalam kurun waktu tersebut.

Barcelona adalah klub yang paling banyak merebut gelar juara Liga Champions dalam 10 tahun terakhir. Los Azulgranas berhasil merengkuh 4 kali gelar juara Liga Champions (2006, 2009, 2011, dan 2015). Sedang Madrid berhasil menjuarai Liga Champions tahun 2014.

Dominasi Satu Dekade

Sejak tahun 2005, Spanyol terus berkembang menjadi kekuatan baru sepakbola Eropa. 4 gelar yang berhasil diraih Barcelona dan 1 gelar Real Madrid adalah bukti superioritas negeri matador di ajang Liga Champions.

Catatan tersebut mengungguli negara-negara lainnya seperti Inggris, Spanyol, dan Jerman. Tercatat hanya wakil tiga negara tersebut yang mampu menyeruak di tengah dominasi tim-tim Spanyol.

Liverpool, Manchester United, Chelsea, AC Milan, Inter Milan, dan Bayern Munich, adalah klub-klub yang berhasil jadi juara Liga Champions, selain Barca dan Madrd.

Dengan 5 wakilnya di Liga Champions, Spanyol berpeluang besar memperpanjang catatan gemilangnya di kompetisi kasta tertinggi Eropa.

Dongkrak Peringkat

Belum ada satupun negara Eropa lain yang mampu menyamai prestasi yang ditorehkan oleh Spanyol di kancah Liga Champions. Keberhasilan ini jelas mendongkrak peringkat klub-klub Spanyol di Eropa.

Dilansir situs resmi UEFA, dalam 10 besar peringkat klub, ada 3 klub Spanyol yang bercokol di dalamnya, dan masuk dalam posisi 5 teratas.

Real Madrid duduk di puncak dengan poin 142.885, Barcelona peringkat ketiga dengan poin 132.885, dan Atletico Madrid di peringkat 5 dengan poin 115.885.

Peringkat ketiga delegasi Spanyol ini membuktikan jika Madrid, Barcelona, dan Atletico, lebih unggul dibanding dengan tim-tim Inggris seperti, Chelsea, Arsenal, atau Manchester United.

Tercatat hanya Chelsea dan Arsenal yang mampu bercokol di posisi 10 besar. Chelsea berada di peringkat 4, dan Arsenal di posisi 7. Raksasa Inggris lainnya, Manchester United, harus tercecer di posisi 20.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Pun dengan Italia. Salah satu kutub sepakbola Eropa ini hanya memiliki satu wakilnya, Juventus, yang duduk di posisi 8 peringkat UEFA. Sementara Jerman punya dua wakil, Bayern Munich di posisi 2 dan Borussia Dortmund di posisi 10.

Bomber muda Red Bull Salzburg, Erling Brat Haaland

Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi

Erling Braut Haaland curi perhatian.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2019