Papua Juara Liga Futsal U-18 Tingkat Nasional

Ilustrasi pertandingan futsal
Sumber :
  • Google.com
VIVA.co.id
16 Pemain Lolos Seleksi Timnas Futsal Indonesia
- Tim Provinsi Papua memastikan diri sebagai jawara Liga Futsal U-18 2015. Papua keluar sebagai juara usai menaklukkan Jawa Barat di laga final yang dihelat di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu 23 Agustus 2015.

Timnas Futsal Seleksi 33 Pemain untuk Turnamen CFA

Laga final berlangsung sengit dan ketat. Pemenang pun harus ditentukan lewat babak adu penalti, setelah kedua tim hanya mampu bermain imbang 2-2 di waktu normal. Papua akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor penalti 5-4.
Timnas Futsal Indonesia Ditantang China


Dengan kemenangan itu, Tim Papua pun berhak atas hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp50 juta. Adapun Tim Jawa Barat sebagai runner up, berhak atas hadiah uang pembinaan sebesar Rp25 juta.


Sementara itu, peringkat tiga dan harapan satu, ditempati Tim Jawa Timur dan Tim Sulewesi Tengah. (Sulteng) Keduanya berhak atas uang pembinaan masing-masing senilai Rp10 juta dan Rp5 juta.


Perasaan bangga sekaligus bahagia tidak bisa ditutupi oleh pelatih Tim Perindo Papua, Matheus 'Theo' Balubun. "Saya sangat senang, mengucap syukur kepada Tuhan. Karena tidak sia-sia kami ke Jakarta untuk mencari prestasi yang terbaik untuk nama Papua."


"Bisa dibilang dari perjalanan di Papua sampai partai final, ini adalah pertandingan yang paling sulit. Senang, bangga, dan bahagia.Kemenangan ini kami dedikasikan untuk masyarakat Papua yang ada di Papua dan juga disini," tutur Theo.


Selain penghargaan untuk tim empat besar, kejuaran Liga Futsal U-18 yang digagas Perindo dan diikuti 34 tim yang mewakil tiap provinsi di Indonesia ini menetapkan penjaga gawang Tim Jawa Barat, Nasrullah, sebagai pemain terbaik. Sedangkan pemain Jawa Timur Ricko, tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di ajang ini.


Usai turnamen berakhir, Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang juga Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo, mengungkapkan perhelatan Liga Futsal U-18 ini akan digelar berkesinambungan setiap tahun.


Hary juga menambahkan, FFI sebagai badan yang mengurusi olahraga futsal di Indonesia, akan terus berkomitmen menggelar ajang-ajang serupa secara terus menerus dan juga berjenjang.


"Pertama kami memang punya keinginan bagaimana futsal bisa maju. Sepak bola sudah terpuruk, olahraga lain juga kurang, oleh karena itu bagaimana caranya futsal bisa maju. Dan salah satu caranya (bisa berkembang) harus sering menggelar kompetisi," ungkap Hary.


"Karena mereka masih berusia di bawah 18 tahun, ini adalah bibit yang baik bagi futsal Indonesia. Bukan tidak mungkin, nanti para pemain-pemain Ini akan kami salurkan ke tiap-tiap klub profesional di Indonesia. Tentu saja kami tidak akan menyia-nyiakan apa yang sudah didapat dari kejuaraan ini," kata Hary. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya