Sering Cari 'Kambing Hitam', Ini 5 Korban Mourinho

Pelatih Jose Mourinho, dengan medali juara Premier League
Sumber :
  • Action Images via Reuters / Tony O'Brien Livepic
VIVA.co.id
Dikalahkan Fenerbahce, Mourinho Kecewa dengan Permainan MU
- Sosok Jose Mourinho terkenal begitu arogan sekaligus egois. Jarang sekali dia mau mengakui kesalahan, apalagi bila itu mengenai urusan di dalam lapangan.

Ini Lawan Chelsea dan Liverpool di Babak 2 Piala Liga

Eva Carniero, wanita yang berprofesi sebagai dokter tim adalah korban terbaru Mourinho. Dia menjadi kambing hitam atas hasil buruk The Blues di pertandingan perdana Premier League melawan Swansea City.
Mourinho Tuntut MU Cepat Beradaptasi dengan Gayanya


Dokter cantik itu dianggap melakukan kesalahan fatal ketika menangani pemain yang cedera. Mourinho merasa Eva bekerja sangat lamban dan tidak punya perhitungan sehingga merugikan tim.

Atas kesalahan itu Eva pun dihukum Mourinho. Dia tidak disertakan dalam lawatan melawan Manchester City akhir pekan kemarin.


Meski demikian Eva tak perlu bekecil hati. Pasalnya, sebelum ini juga sudh banyak orang yang dijadikan kambing hitam oleh Mourinho, berikut daftarnya:


1. Ballboy dan hewan ternak (Desember 2014)

Kala itu Chelsea tumbang untuk kali pertama dalam semusim saat melawan Newcastle United. Mourinho menyalahkan sikap licik ballboy tuan rumah yang sengaja menahan bola untuk membuang waktu pertandingan.


Yang unik dalam komentarnya usai laga, Mourinho pun mengibaratkan kejadian tersebut dengan hewan ternak yang masuk ke lapangan.


"Hal ini tak bisa terjadi dalam sepakbola. Wasit pun tak bisa menghukum ballboy. Mungkin itu seperti ada sapi yang masuk lapangan dan menghentikan laga. Anda tidak bisa berbuat apa-apa, karena sepakbola butuh bola," katanya.


2. Lampu stadion dan fans (November 2014)
Chelsea kalah itu menang 2-1 atas QPR di Stamford Bridge. Namun Mourinho menilai anak asuhnya bermain kurang greget.


Tapi bukan menyalahkan pasukannya atau mengintrospeksi diri sendiri, dia malah menyindir petugas penerangan stadion karena baru menyalakan lampu secara full di menit 29. Selain itu fans The Blues juga dinilai Mourinho kurang antusias memberikan dukungan.


3. Manajemen di bursa transfer (September 2007)
Sehari sebelum memutuskan mundur dari jabatan manajer Chelsea di periode pertamanya, Mourinho mengkritik habis-habisan manajemen serta direktur klub yang bertugas melakukan aktivitas transfer.


Mourinho merasa kerja mereka kurang maksimal karena hanya memberikan Chelsea punggawa kelas dua.


"Di supermarket ada berbagai macam telur. Yang kelas satu, paling mahal, tapi akan menghasilkan omelet yang bagus. Bila Anda tidak bisa mendapatkan yang kelas satu itu, maka Anda dalam masalah," sindirnya.


4. Wasit
Yang ini sudah lazim bagi Mourinho. Mungkin hampir setiap wasit yang memimpin laga tim besutan pria asal Portugal ini sudah pernah kena semprot olehnya.


Tapi dari semua yang ada, Andres Frisk paling apes. Dia dituduh mendatangi ruang ganti Barcelona dan berbicara dengan pelatih Frank Rijkaard saat turun minum pertandingan Liga Champions.


Atas tuduhan konspirasi tersebut, Frisk sampai mendapat ancaman pembunuhan dan kemudian memutuskan pensiun sebagai pengadil lapangan hijau.


5. Abad 19, (Januari 2014)
Chelsea kala itu ditahan imbang tanpa gol oleh West Ham, padahal mereka berhasi melepaskan tembakan ke gawang sebanyak 39 kali.


Atas nasib sial itu Mourinho pun menyalahkan taktik permainan lawan yang dianggap jadul, seperti di abad 19. "Ini bukan liga sepakbola terbaik, ini adalah sepakbola dari abad 19. Yang bisa saya lakukan hanya membawa peralatan untuk menghancurkan tembok mereka," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya