5 Pewaris Nomor Punggung Keramat yang Gagal

Gelandang Manchester United, Angel Di Maria
Sumber :
  • Daily Mail
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Hampir setiap klub memiliki nomor punggung keramat. Biasanya hanya pemain-pemain hebat yang mendapat kepercayaan memakainya.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Tapi, ada kalanya, nomor itu salah diwariskan. Pemain yang awalnya dinilai cocok untuk memakainya, kemudian malah tampil buruk dan gagal memenuhi ekspektasi publik.
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?


Berikut ini adalah 5 pemain yang dianggap gagal menyandang nomor punggung keramat:


1. Nomor 6 Arsenal, Philippe Sanderos

Dulunya nomor punggung 6 Arsenal sangat lekat dengan sosok kapten Tony Adams. Sebagai sosok dihormati, sampai tak ada pemain yang berani mengambil nomor keramat itu ketika dia pensiun pada 2002 silam.


Tapi di 2004, Sanderos pun nekat menyandang nomor tersebut. Sayang, penampilannya di luar harapan. Pemain asal Swiss tersebut tampil buruk dan acap didera cedera. Dia bahkan kemudian dilepas secara cuma-cuma oleh The Gunners pada 2010 lalu.


2. Nomor 7 Manchester United, Angel Di Maria

Nomor punggung 7 memiliki nilai sakral di MU. Sejak dulu, nomor tersebut selalu dipakai oleh pemain besar. Mulai dari George Best, David Beckham, Eric Cantona hingga Cristiano Ronaldo.


Musim lalu, nomor itu jatuh ke tangan Angel Di Maria. Sayang, pemain yang diboyong dari Real Madrid tersebut tak mampu menyamai para pendahulunya menjadi andalan tim. Di Maria melempem dan sekarang malah akan didepak ke PSG. Nama lain yang juga gagal ketika memakai nomor 7 di MU adalah Michael Owen.


3. Nomor 9 Liverpool, Rickie Lambert

Robbie Fowler dan Fernando Torres adalah dua pemain hebat yang pernah mengenakan nomor punggung 9 di Liverpool. Mereka sama-sama ganas di depan gawang lawan. Sayangnya, hingga kini belum ada penerus yang sepadan.


Musim lalu, nomor keramat tersebut jatuh ke tangan Rickie Lambert. Tapi, penampilannya jauh dari harapan. Dia bahkan jarang diberi kesempatan bermain oleh manajer Brendan Rodgers hingga akhirnya sekarang ditendang ke West Brom.


4. Nomor 18 Real Madrid, Julian Faubert

Memang nomor punggung ini tak sekeramat nomor 7 di Madrid. Tapi, nomor 18 pernah dipakai oleh pemain yang punya kontribusi besar memberikan prestasi bagi tim ibu kota Spanyol itu, Aitor Karanka.


Pada 2009 lalu, nomor bekas Karanka diwariskan kepada Julian Faubert, pemain yang dipinjam dari West Ham United. Sesuai dugaan, pemain asal Prancis itu sama sekali tak memberikan sumbangsih bagi klub selama enam bulan bergabung. Satu-satunya hal yang paling dikenang dari Faubert adalah ketika dia tertidur di bangku cadangan saat Madrid sedang bertanding.


5. Nomor 21 Barcelona, Aleksander Hleb

Nomor ini pernah dipakai Luis Enrique, pria yang sekarang menjadi pelatih Barcelona. Sejak pertama bergabung, dia tak pernah menggantinya.


Setelah Enrique, Los Azulgranas mendatangkan Hleb dari Arsenal. Berharap mendapatkan pengganti sepadan, mereka malah harus kecewa dengan permainan Hleb yang perbedaannya ibarat siang dan malam dengan Enrique.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya