Arsenal Juara Community Shield, 10 Fakta Menarik Tercipta

Arsenal merayakan gelar juara Community Shield 2015.
Sumber :
  • Reuters/Andrew Couldridge

VIVA.co.id – Arsenal sukses mempertahankan trofi Community Shield usai menaklukkan Chelsea di Stadion Wembley, Minggu 2 Agustus 2015. Berkat kemenangan tersebut, beberapa fakta menarik pun tersaji.

The Gunenrs berhasil mengunci kemenangan dengan skor 1-0 melalui gol dari Alex Oxlade-Chamberlain di menit 24. Ini menjadi gelar ke-14 Arsenal pada ajang yang sebelumnya bernama Charity Shield tersebut.

Namun yang paling menarik adalah, bila kemenangan ini berhasil membuat pelatih Arsene Wenger mematahkan rekor tak pernah menang dari Jose Mourinho dalam 13 pertemuan terakhir. Masih banyak fakta menarik lain, yang berhasil dirangkum dari Opta dan Misterchip.

Berikut Fakta-fakta Menarik Usai Arsenal Juara:


1.  Arsenal tidak pernah mencetak gol ke gawang tim yang dibesut Jose Mourinho sejak 2007. Gilberto Silva adalah pemain Arsenal terakhir yang mencetak gol ke gawang Chelsea yang diasuh Mourinho, yakni pada 2007.

2. Satu-satunya gol yang dicetak oleh Alex Oxlade-Chamberlain, adalah gol pertama Arsenal dalam 506 menit laga kontra Chelsea.

3. Arsene Wenger membutuhkan 14 kali pertandingan untuk bisa menaklukkan Jose Mourinho. Sebelumnya, ia tidak pernah menang dalam 13 pertemuan terakhir kontra Mourinho (6 imbang dan 7 kali kalah).

4. Arsenal meraih lima kemenangan secara beruntun di Stadion Wembley dimana empat diantaranya berujung gelar juara. Ini merupakan pertama kalinya Arsenal mencatatkan rekor tersebut dalam 128 tahun sejarah klub.

5. 50 persen tim yang juara Community Shield akan keluar sebagai juara Premier League. Selain itu, 70 persen dari tim yang berhasil juara pada ajang ini juga biasanya akan finis di atas tim yang dikalahkannya.

Ini Lawan Chelsea dan Liverpool di Babak 2 Piala Liga


6. Sukses di Community Shield tahun ini memberikan tantangan baru buat Arsenal. Mereka kini berpeluang menyamai rekor 80 tahun lalu (1934--1935) dimana mereka sukses mengawinkan gelar Community Shield dengan trofi Liga Primer Inggris.

7.
Chelsea menelan lima kekalahan dalam tujuh penampilannya di ajang Community Shield. Kekalahan itu terjadi pada tahun 2006, 2007, 2010, 2012 dan 2015. Sedangkan dua kemenangan yang mereka raih terjadi pada 2005 dan 2009.

8. Pemain Arsenal, Theo Walcott, hanya dua kali memberikan umpan di babak pertama. Salah satu dari umpannya tersebut berhasil diakhiri menjadi gol.

9. Tiga pertemuan terakhir Arsenal dan Chelsea di tempat yang netral semuanya berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk kemenangan The Blues. Dan kali ini, The Gunners berhasil mematahkan tren buruk tersebut.

10. Setelah menunggu selama lima tahun, akhirnya Arsenal bisa mencetak gol lebih dulu ke gawang Chelsea. Terakhir kali mereka melakukan hal tersebut pada 28 Desember 2010 lalu. Saat itu Alex Song yang berhasil mengoyak gawang The Blues.

(ren)

Arsenal Ditimpa Kesialan Jelang Musim 2016/17
Gelandang Arsenal, Jack Wilshere.

Trauma Cedera, Bintang Arsenal Bakal Ubah Gaya Main

Musim lalu, ia menderita cedera parah akibat salahnya sendiri.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016