Terungkap, Petr Cech Dulunya Seorang Gelandang

Kiper Arsenal, Petr Cech
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Trauma Cedera, Bintang Arsenal Bakal Ubah Gaya Main
- Siapa yang tak kenal dengan sosok seorang Petr Cech, penjaga gawang tangguh asal Republik Ceko. Dikenal cekatan dalam membaca arah bola dan susah ditaklukan penyerang lawan, Cech rupanya mengawali kariernya bukan sebagai kiper.

Ini Lawan Chelsea dan Liverpool di Babak 2 Piala Liga

Penjaga gawang anyar Arsenal ini mengungkap jika dirinya memulai karier, justru sebagai seorang winger, alias pemain sayap. Pemain 33 tahun ini bermain sebagai pemain sayap, hingga mengalami patah kaki di usia 10 tahun. Cedera itu yang akhirnya memaksa dirinya berposisi sebagai kiper.
Arsenal Ditimpa Kesialan Jelang Musim 2016/17


"Saya tidak pernah berpikir untuk menjadi seorang penjaga gawang. Saya adalah seorang penjaga gawang hoki es. Dan, ketika saya mulai bermain sepakbola, saya adalah seorang pemain sayap kiri," ungkap Cech via
Sportsmole
.


"Pelatih saya saat itu melihat saya beberapa kali. Suatu hari, kiper kami tidak datang untuk bermain. Kami tak punya kiper, tapi tidak ada yang mau ditunjuk menjadi kiper. Pelatih menunjuk saya dan berkata,'saya sudahg melihat Anda beberapa kali, Anda harus mencobanya,'"imbuhnya.


Setelah kejadian itu, Cech akhirnya sering dijadikan pilihan sebagai penjaga gawang. Menjadi penjaga gawang tidak terlalu memerlukan pergerakan yang banyak, karena cedera patah kaki Cech cukup berpengaruh pada permainannya saat itu.


"Di usia 10 tahun saya mengalami patah kaki, dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Saya tidak bisa berlari karena terasa sakit," Cech melanjutkan.


"Berada di gawang berarti Anda bisa duduk, berbaring, dan menangkap bola. Hal ini yang membuat perbedaan besar dalam hidup saya," kenangnya.


Cech kini jadi andalan utama Arsene Wenger di pos penjaga gawang Arsenal. Ia diprediksi akan melakoni laga debutnya dengan The Gunners, kala menghadapi mantan klubnya, Chelsea, di ajang Community Shield. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya