Ini Dia 7 Bintang Sepakbola Tergendut Nan Kontroversial

Adriano dan Ronaldo di timnas Brasil
Sumber :

VIVA.co.id - Biasanya pesepakbola dikenal dengan tubuh kekar dan berat terjaga. Tapi ternyata banyak juga pesepakbola yang gagal mengontrol tubuhnya dan ada juga yang sengaja bikin badannya lebih gemuk.

Kegemukan kerap bikin penampilan sang pemain merosot, tapi banyak juga yang tetap dikenal publik, baik akibat masa jayanya dulu atau malah bentuk tubuhnya saat ini. Berikut rangkuman VIVAbola dari berbagai sumber, lima pesepakbola genduk tapi memiliki nama populer:

7. Benni McCarthy

Di Manchester, Pogba Diperlakukan Layaknya Raja

Pemain asal Afrika Selatan ini memang terus dipaksa melawan berat badannya, yang dimulai pada 2009 ketika pelatih Blackburn Rovers ketika itu, Sam Allardyce, menyuruhnya latihan fisik lebih dari pemain lain.

McCarthy juga sempat meninggalkan skuad Afsel di Piala Dunia 2010 karena masalah fisik dan juga dijatuhkan denda oleh West Ham sebesar 200.000 Pound karena kelebihan berat badan.


6. Kevin Pressman

Obesitas pada Anak Jangan Dianggap Lucu

Salah satu pemain yang diuntungkan oleh berat badannya. Legenda Sheffield Wednesday ini tampil solid bertubuh besar karena posisinya sebagai kiper. Karena bertubuh gemuk dan beratnya tak proporsional, Pressman sering dihujat suporter lawan.

Masuk Polisi, 2 Penyerang Muda Tinggalkan PSM

Tapi, malah penampilannya semakin menggila. Pressman tampil 404 kali bersama Wednesday sebelum hengkang ke divisi lebih rendah, dan sekarang jadi pelatih kiper Millwall.

4. Antonio Cassano

Penyerang Italia ini memiliki kemampuan sebagai salah satu penyerang berbahaya di ranah "Negeri Spaghetti", namun kesulitan menahan nafsu makannya yang terkenal besar.

Saat berkostum Real Madrid, masalah berat badan Cassano membuat klub memberikan sanksi berdasarkan setiap gram yang naik dalam tubuhnya. Masalah itu kembali mengemuka di AC Milan beberapa musim kemudian.


3. Adriano

Seorang ujung tombak asal Brasil yang menakutkan, Adridno sudah tampil 48 kali membela Selecao dengan catatan 27 gol. Namun, ketika usianya masih 28 tahun pada 2010 karirnya merosot tajam.

Masalah utama Adriano adalah berat badan yang terus bertambah. Pada musim 2011-12, Corinthians bahkan sempat membuat eks pemain Inter Milan ini sampai kena peraturan "tahanan rumah" agar berat badannya turun. Sekarang lebih sering tanpa klub.




3. Adebayo Akinfenwa

Dengan tinggi 180 cm dan berat 101 kg, sosok besar Akinfenwa sukses mencuri perhatian. "Karena ukuran tubuh, saya kerap secara otomatis masuk ke kategori pesepakbola yang badannya terlalu besar," aku pemain Wimbledon tersebut.

Meski begitu, Akinfenwa tetap menunjukkan penampilan menawannya dengan sukses catatkan 100 gol lebih di kompetisi lower division Liga Inggris. Setiap berat badan yang naik sepertinya otot bukan lemak.


2. Diego Maradona

Bisa dibilang salah satu pemain dengan skill individu terbaik di dunia. Tetapi, Maradona sampai harus menjalani operasi jantung pada 2005 akibat mengalami obesitas usai pensiun. Tubuhnya memang terlihat amat gemuk

Tubuhnya mulai membengkak ketika masih bermain imbas dari ketergantungan obat bius, sebelum akhirnya gagal tes doping pada Piala Dunia 1994 dengan alasan minuman yang ditenggaknya untuk menurunkan berat badan.


1. Ronaldo

Salah satu striker terbaik dunia sepanjang masa namun pemain terbaik dunia tiga kali ini mulai terhambat kariernya ketika berkostum AC Milan. Usai hantaman cedera lama membuat berat badan Ronaldo naik dan badannya melebar.

Ketika memutuskan untuk membela Corinthians, berat badan menjadi masalah utama. Saat pensiun, pencetak 365 gol dalam 500 pertandingan ini mengungkapkan kalau alasan utamanya adalah hypothyroidism.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya