'Messi Disembah dan Dikorbankan di Atas Altar yang Sama'

Sumber :
  • Marca
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Legenda Argentina, Jorge Valdano, mengaku prihatin dengan sosok Lionel Messi. Menurutnya, Messi merupakan pemain yang memikul banyak beban di pundaknya.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Valdano mengibaratkan, Messi disembah dan dikorbankan pada altar yang sama oleh fans timnas Argentina. Hal ini terlihat saat pemain Barcelona itu gagal membawa Albiceleste juara di Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015.
4 Skema Barcelona Juara LaLiga


"Saya mengerti orang butuh kambing hitam, dan juga butuh pahlawan. Messi membawa dua peranan itu di pundaknya," kata Valdano kepada Mundo Deportivo.


"Ketika tim menang dan dia berkontribusi dengan permainan fantastisnya, dia akan pergi ke altar untuk dipuja. Ketika tim kalah, dia akan ke altar yang sama untuk dikorbankan," ia menambahkan.


Pria yang juga legenda Real Madrid ini menilai, kasus yang dialami Messi sama seperti yang dirasakan oleh ikon Brasil, Ronaldo, pada Piala Dunia 1998. Saat itu, Ronaldo tak bermain maksimal di final karena mendapatkan tekanan yang luar biasa.


"Ketika dia ke final Prancis 98, dia menderita masalah yang sampai saat ini tak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan. Itu berkaitan dengan tekanan dalam sistem kepercayaan dirinya," ujar Valdano. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya