Lima Pemain yang Meraih Sukses Usai Berganti Posisi

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon
Sumber :
  • Reuters / Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id -  Sudah bukan rahasia jika banyak pesepakbola tenar dulunya tidak bermain di posisinya sekarang. Ada dari mereka berganti tempat secara sinifikan dari lini serang menjadi bertahan atau malah sebaliknya.

Berbagai alasan pun dikemukakan atas perubahan itu. Mulai karena memang dia tak merasa cocok, diminta pelatih sampai dilarang oleh orang tua.

Dan berikut ini adalah 5 pemain top yang mengaku mengubah posisinya sebelum menembus karir profesional:

1. David de Gea

Buffon Nafsu Genggam Trofi Liga Champions Perdana

Dia bisa dibilang salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Tapi tak banyak yang tahu kalau De Gea memulai karir sepakbola bukan sebagai penjaga gawang.

De Gea baru memutuskan menjadi kiper pada usia 14 tahun. Sebelumnya dia bermain sebagai striker. Mantan pelatihnya pernah mengatakan jika pemain yang sekarang diincat Manchester United tersebut punya skill olah bola yang apik.

Disebutkan pula bahwa De Gea sangat menyukai futsal. Acap kali dia menjasi topscorer ketika mengikuti turnamen sepakbola lima lawan lima itu.

2. Kurt Zouma

Ranieri Sukses di Leicester City, Buffon Turut Bangga

Jose Mourinho merekrutnya untuk memperkokoh benteng pertahanan Chelsea. Tapi usut punya usut, rupanya dulu Zouma bukan lah seorang bek.

Ketika masih kanak-kanak, Zouma bermain sebagai winger dan striker. Namun menginjak usia remaja, seiting pertumbuhan fisiknya, pemain asal Prancis tersebut mengubah posisi menjadi palang pintu pertahanan.

"Saya bertambah tinggi saat remaja. Tapi saya melatih diri agar tetap lincah. Hanya saja akhirnya pelatih menyarankan saya menjadi bek dan saya cukup bagus di sana," kata Zouma.

3.Thibaut Courtois

Pogba dan Buffon Kunci Perburuan Scudetto Kelima Juventus

Dia tak tergantikan di bawah mistar Chelsea saat ini. Namun Courtois baru memutuskan menjadi kiper setelah berusia 12 tahun.

Dulunya Courtois adalah bel kiri. Pelatih di tim junior kala itu berpikir karena memiliki kaki kidal, maka dia cocok bermain di sisi lapangan.

Uniknya lagi, Courtois bahkan nyaris menjadi pemain voli. Beruntung dia menolak memgikuti jejak keluarganya yang memang semua adalah atlet cabang olahraga tersebut.

4. Fernando Torres

Dulunya pemain berjuluk El Nino ini adalah seorang kiper. Torres mengaku ingin mengikuti jejak saudara laki-lakinya yang bermain di posisi tersebut.

Namun takdir berkata lain. Saat remaja Torres kehilangan salah satu giginya karena benturan ketika menyelamatkan gawang. Kondisi itu membuat ibu nya cemas dan melarang bermain di posisi kiper lagi.

Torres dalam pengakuannya menyebut karir sebagai striker banyak terinspirasi dari tokoh animasi Jepang, kapten Tsubasa.

5. Gianluigi Buffon

Tak diragukan dia adalah kiper terbaik yang pernah lahir. Tapi Buffon juga tak menyangka bisa begitu hebat mengawal gawang, padahal dulunya pria 37 tahun tersebut merupakan seorang gelandang.

Buffon baru berpikir mengubah posisi ketika berusia 12 tahun. Dia mengaku terinspirasi oleh kiper Kamerun, Thomas N'Kono yang bermain gemilang di Piala Dunia 1990.

Ayah Buffon, Adriano juga punya peran penting mengubah posisi Buffon. Dia yang pertama kali mengatakan kalau kapten Juventus dan Timnas Italia tersebut tak punya masa depan di posisi gelandang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya