Lima Fakta Menarik Rekrutan Anyar Barcelona, Arda Turan

Gelandang Barcelona, Arda Turan
Sumber :
  • fcbarcelona.com

VIVA.co.id - Barcelona kedatangan punggawa anyar kedua pada musim panas. Arda Turan diboyong dari Atletico Madrid dengan biaya £24,1 juta atau setara Rp501 miliar. Pemain itu dikontrak hingga lima tahun ke depan.

Sungguh transfer yang mengejutkan, karena isu ketertarikan Los Azulgranas kepada pemain asal Turki ini baru tersiar dalam sepekan belakangan.

Hadirnya Turan di skuad Barcelona merupakan permintaan dari pelatih Luis Enrique yang menginginkan gelandang kreatif buat lini tengah, sekaligus menjadi pendamping Andres Iniesta.

Sosok Turan tentu saja sudah dikenal luas karena pernah membawa Atletico berjaya di La Liga dan Eropa. Namun dengan bergabung ke Barcelona, sekarang lebih banyak fakta menarik darinya yang harus dijabarkan. Berikut lima di antaranya.

1. Belum bisa bermain sampai tahun depan

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Senasib dengan Aleix Vidal yang didatangkan dari Sevilla, Turan belum bisa tampil sampai Januari 2016. Itu terkait sanksi yang dijatuhkan FIFA atas kasus transfer ilegal.

2. Pemain Turki termahal

Turan kini semakin menahbiskan diri sebagai pemain Turki termahal. Rekor itu pertama dipegangnya kala hengkang dari Galatasaray dengan biaya £8.5 juta. Catatan tersebut sekarang dipecahkannya sendiri dengan bergabung ke Barcelona.

3. Nasibnya belum pasti di Barcelona

4 Skema Barcelona Juara LaLiga

Setelah dinyatakan resmi menjadi pemain Barcelona, Arda Turan ternyata masih terancam dipulangkan kembali ke Atletico Madrid. Hal ini menunggu keputusan presiden baru Blaugrana yang akan dipilih 18 Juli mendatang.

4. Pemain termahal ketujuh Barcelona

Turan langsung nongkrong di daftar pemain termahal ketujuh Barcelona. Dia hanya kalah dari (secara berurutan) Neymar, Luis Suarez, Zlatan Ibrahimovic, David Villa, Alexis Sanchez dan Marc Overmars.

Di bawah Turan, melengkapi daftar 10 pemain Barcelona, ada Ranaldinho, Javier Saviolla dan Dani Alves.

5. Transfer kedelapan pemain Atletico ke Barcelona

Sikat Alaves, Barca Makin Dekat dengan Gelar Juara LaLiga

Turan menjadi pemain kedelapan yang bergabung dari Atletico ke Barcelona secara langsung. Dia juga menjadi pemain ke-36 yang pernah mempekuat kedua klub sepanjang karir. Nama-nama tenar lain adalah, Bernd Schuster, Simao dan Thiago Motta. (ase)

Bomber muda Red Bull Salzburg, Erling Brat Haaland

Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi

Erling Braut Haaland curi perhatian.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2019