Jalan Berliku Si 'Penyihir Turki' Gabung Barcelona

Kapten timnas Turki, Arda Turan
Sumber :
  • tff.org
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Berakhir sudah drama transfer gelandang enerjik Atletico Madrid, Arda Turan. Kapten timnas Turki itu akhirnya resmi bergabung ke Barcelona. Meski demikian, Turan masih belum pasti berkostum Barcelona, musim depan.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Barcelona resmi mengumumkan kesepakatan membeli Turan dari Atletico Madrid dengan harga €34 juta, Selasa 7 Juli 2015. Pemain berusia 28 tahun itu menandatangani kontrak lima tahun bersama klub asal Catalan itu.
4 Skema Barcelona Juara LaLiga


Nilai transfer ini membuatnya masuk daftar pembelian termahal sepanjang sejarah Barcelona. Dilansir laman olahraga Spanyol, Sport.com , Turan berada di peringkat ketujuh pemain termahal yang pernah dibeli Barcelona.

Bahkan harga Turan lebih mahal dari Ronaldinho kala dibeli Barcelona dari Paris Saint Germain (PSG), satu dekade silam. Bintang Brasil itu dibeli Barcelona pada musim 2003 dengan nilai transfer hanya €30 juta.

Gelandang Barcelona, Arda Turan

"FC Barcelona dan Atletico Madrid telah menjalin kesepakatan untuk transfer Arda Turan," demikian pernyataan manajemen Blaugrana seperti dikutip dari laman resmi klub.


Sementara itu, Turan sendiri menyambut antusias transfer ini. "Saya akan selalu membawa Atletico dalam hati saya. Saya sudah melalui empat tahun yang luar biasa," kata Turan dalam situs resmi Atletico.


"Saya memiliki saat-saat yang istimewa di Atletico dan saya tak akan pernah melupakan rekan, fans dan semua orang di klub ini. Saya hanya bisa berterima kasih kepada semua orang," ia menambahkan.


Meski pernah menjadi rival di La Liga, Turan disinyalir akan tetap disambut hangat oleh para pemain Barcelona. Gelandang veteran Barca Andres Iniesta bahkan sejak awal mengatakan siap menyambut kedatangan Turan.


Jika datang ke Camp Nou, Turan akan menjadi pesaing Iniesta di lini tengah Barcelona. Meski demikian, situasi ini tidak membuat Iniesta cemas. Bahkan, dia memuji dan siap menyambut Turan di Camp Nou.


"Turan adalah pemain hebat dengan kualitas yang mumpuni. Jika dia benar-benar datang, tentu dia juga akan disambut seperti pemain anyar lainnya yang datang," kata Iniesta dilansir Express.


Klausul Konyol dalam Kontrak Turan


Pemain  Atletico Madrid, Arda Turan, usai bobol gawang Juventus


Meski sudah dinyatakan resmi menjadi pemain Barcelona, Arda Turan ternyata masih terancam dipulangkan kembali ke Atletico Madrid. Hal ini menunggu keputusan presiden baru Blaugrana yang akan dipilih 18 Juli mendatang.


Pembelian Turan merupakan bukti dari janji kandidat Presiden Josep Maria Bartomeu untuk memenuhi keinginan pelatih Luis Enrique, sebelum pemilihan presiden baru klub dilakukan. Dan ternyata, pembelian ini belum mengikat.


Menurut
Inside Spanish Football
, Barca memiliki opsi untuk memulangkan Turan ke Atletico dengan kerugian €4,1 juta sebelum 20 Juli. Keputusan akhir berada di tangan presiden baru nanti, yang dipilih 48 jam sebelumnya.


Kalau transfer tidak sesuai dengan skema presiden baru, maka Turan bisa dipulangkan ke Vicente Calderon. Kalau kepindahan ini dapat lampu hijau dari presiden klub, Turan juga ternyata belum bisa langsung gabung ke Barcelona.


Apa alasannya? Sebab transfer Turan terjadi ketika hukuman dari otoritas tertinggi sepakbola dunia (FIFA) untuk Barcelona sedang berlangsung, terkait pelanggaran peraturan transfer pemain usia muda.


Untuk itu, Turan kemungkinan belum bisa tampil di laga resmi yang dilakoni anak asuh Luis Enrique hingga Januari 2016 mendatang, atau ketika hukuman berakhir. Turan pun dikabarkan akan dipinjamkan sementara ke Galatasaray.


Mengenal Profil Sang 'Penyihir Turki'


Nama Turan mulai mencuat sejak 2011 ketika bergabung ke Atletico Madrid. Pemain pemilik janggut tebal itu menjadi bagian penting dalam kesuksesan Rojiblanco meraih lima gelar bergengsi dalam empat tahun terakhir.


Julukannya sebagai 'Penyihir Turki' tidak terlepas dari aksi individunya melepas umpan 'mematikan' saat berlaga di lapangan. Itulah yang membuatnya terpilih sebagai model Nike saat meluncurkan sepatu Magista terbaru pada Mei 2014 lalu.


Apalagi tampilan wajahnya saat ini tampak garang, karena dipenuhi janggut lebat yang menghiasi dagu dan pipinya. Janggutnya itu membuatnya mirip karakter penyihir di film Lord of the Ring.


Turan sendiri dikenal sebagai pribadi yang pendiam. Namun sikapnya itu berubah jika tampil di lapangan membela timnya. Pemain jebolan akademi Galatasaray itu tampil garang dan selalu bermain dengan determinasi tinggi.


Pemain Atletico Madrid Arda Turan dan pemain Granada Abdoul Sissoko


Turan sempat membuat aksi kontroversial itu awal tahun ini. Dia sengaja melempar sepatu ke arah hakim garis saat menghadapi Barcelona di leg kedua perempatfinal Copa del Rey. Beruntung, aksinya itu hanya berbuah kartu kuning.


Determinasi tinggi yang dimilikinya itu sangat disukai oleh pelatih Artletico Madrid, Diego Simeone. Namun Simeon juga tampak tidak terlalu sedih ditinggalkan salah satu pemain kesayangannya itu.


Dilansir Dailymail, Simeone memang ingin melakukan penyegaran di lini tengah Atletico. Apalagi musim lalu, mereka gagal meraih satu gelar pun dan harus puas mengakhiri La Liga di peringkat tiga klasemen akhir.


Selain itu, pelatih asal Argentina itu sangat ingin memiliki gelandang yang bisa menguasai area lebih luas dan mencetak banyak gol. Seperti diketahui, sepanjang membela Atletico, Turan hanya mengkoleksi 13 gol dari 127 penampilan.


Turan sendiri sempat diminati Chelsea. Manajer The Blues Jose Mourinho dikabarkan sejak lama tertarik untuk mendatangkannya ke Stamford Bridge. Tapi pada akhirnya, Atletico lebih rela melepas Turan ke Barcelona.


Presiden Atletico Madrid Enrique Cerez mengatakan Chelsea tidam pernah menjadi pilihan bagi Arda Turan. Gelandang Atletico asal Turki itu memilih bergabung ke Barcelona di bursa transfer musim panas ini.


Sebelumnya, Turan sempat dikabarkan ingin bergabung ke Chelsea. Hal itu diungkapkan oleh agen Turan, Ahmet Bulut. Namun hal itu dibantah Cerez yang mengatakan, Barcelona menjadi pilihan pertama Turan sejak awal.


"Kami tak pernah berbicara dengan pihak Chelsea. Barca sejak awal jadi pilihan utama. Kami menjalin kesepakatan karena Luis Enrique yang bersikeras mendapatkannya," kata Cerez kepada Net NTV.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya