Enam Tahun Sudah CR7 Berpanji Real Madrid

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVA.co.id - Cristiano Ronaldo membuat langkah besar enam tahun lalu ketika memilih hijrah ke Spanyol membela Real Madrid. Kini, ia menjelma jadi salah satu penyerang paling berbahaya di dunia.

Setelah sepakat bergabung pada 1 Juli, tepat pada 6 Juli 2009 silam, Ronaldo pertama kali diperkenalkan oleh Madrid di depan 80.000 fans yang memadati Santiago Bernabeu. Saat itu, nama pria kelahiran Madeira ini datang dengan status pemain baik dan termahal di dunia.

Madrid rela menggelontorkan £80 juta setelah membawa Manchester United ke final Liga Champions serta menjadi kampiun Premier League musim 2008-09. Harga tersebut ternyata tak menjadikan Ronaldo terbebani.

Total 33 gol dicetaknya dalam 35 pertandingan ketika masih menggunakan kostum bernomor punggung 9 pada musim perdananya. Musim berikutnya nomor 7 pun langsung disematkan kepadanya setelah Raul Gonzales memilih untuk hengkang.

Dengan nomor punggung yang membesarkan namanya tersebut,  Ronaldo benar-benar menjadi andalan Los Blancos. Sebanyak 53 gol dari 54 penampilan di musim 2010-11, sebelum mencatatkan 60 gol dari 55 laga yang berbuah gelar juara La Liga musim berikutnya.

Pada musim selanjutnya 2012-13, kapten timnas Portugal itu berhasil itu mencetak 55 gol dalam 55 pertandingan. Sebelum menyumbangkan trofi La Decima Liga Champions satu musim berselang, dimana Ronaldo mencetak 51 gol dalam 47 laga.

Memasuki usia 30 tahun pada musim 2014-15 kemarin, ketajaman Ronaldo masih belum menurun juga. Bahkan performanya malah makin tajam bersama Madrid. Total 61 gol dicetaknya dalam 54 pertandingan, memecahkan rekor pribadinya pada musim 2010-11 lalu.

Ronaldo Pecahkan Rekor Gol Sundulan

Sayang, tak ada trofi yang bisa didapatkan Ronaldo bersama Madrid musim kemarin. Meski begitu, kontribusi Ronaldo bersama Madrid tak bisa diremehkan dengan total 313 gol dalam 300 pertandingan. Berbagai rekor gol pendahulunya pun satu per satu dilewati.

Musim depan akan menjadi tantangan baru buat Ronaldo. Pelatih baru dan taktik permainan baru akan diperkenalkan. Tapi, untuk saat ini yang jelas CR7 sudah menjadi salah satu legenda hidup dan mesin gol selama enam tahun masa mengabdinya di Santiago Bernabeu.

Nominasi pemain terbaik 2019

10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat

Ronaldo dan Messi dapat pesaing dari pemain Liverpool Virgil Van Dijk.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2019