Kemenangan Chile Atas Argentina Lahirkan 8 Fakta Menarik

Pemain Argentina, Gonzalo Higuain, tertunduk usai dikalahkan Chile.
Sumber :
  • REUTERS/Marcos Brindicci
VIVA.co.id
Langkah Timnas Argentina di Olimpiade Rio 2016 Terhenti
- Chile akhirnya berhasil menjadi kampiun Copa America 2015 usai menang atas Argentina lewat babak adu penalti pada Sabtu, 4 Juli 2015 atau Minggu dini hari WIB. Beberapa fakta menarik pun tercipta.

Argentina Terhindar dari Angkat Koper di Olimpiade 2016

Setelah bermain imbang 0-0 sepanjang 120 menit sampai waktu tambahan, Chile berhasil memastikan gelar juara pertama mereka setelah unggul 4-1 pada babak penentuan.
Neymar Dukung Messi Balik ke Timnas Argentina


Kemenangan Chile dan tumbangnya Argentina menciptakan beberapa fakta dan data menarik. Berikut yang dilansir dari
Opta
:


1.
Chile berhasil memenangi gelar juara Copa America pertama mereka setelah memainkan 173 laga di kompetisi ini sepanjang sejarah.


2.
Akurasi umpan babak pertama laga final Copa America pagi tadi merupakan yang tertinggi sejak 1993, yaitu mencapai 84,43 persen.


3.
Sudah tiga kali laga final Copa America harus lewati drama adu penalti. Sebelumnya pada 1995 saat Uruguay menjadi juara, dan ketika Brasil menjadi juara pada 2004.


4.
Bagi Argentina, laga adu penalti tadi adalah yang ketujuh sepanjang partisipasinya di Copa America (3 menang), sedangkan Chile baru dua kali (satu kalah).


5.
Chile berhasil mencatatkan 57,7 persen penguasaan bola. Untuk pertama kali, Argentina kalah penguasaan bola dari lawan mereka di Copa America 2015.


6.
Argentina menjadi tim pertama yang kalah di final Piala Dunia dan Copa America berturut-turut.


7.
Arturo Vidal melepaskan dua tendangan ke arah gawang pada final ini. Angka tersebut sama dengan seluruh percobaan tim Argentina.


8.
Selain Argentina (13), sekarang kombinasi semua juara Copa America memiliki angka jumlah gelar yang sama dengan Uruguay (15). (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya