Lima Jebolan La Masia yang Tak 'Tahan Lama' di Barcelona

Giovani dos Santos saat membela Barcelona
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id - Akademi sepakbola Barcelona, La Masia, dikenal kerap menghasilkan para pemain berkualitas yang mendunia. Contoh paling nyata adalah megabintang Blaugrana saat ini, Lionel Messi, yang namanya terus meroket.

Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi

Sebagai jebolan La Masia, tentu hal yang paling diinginkan adalah masuk tim senior Barca dan membawa tim juara. Cita-cita tersebut mungkin telah dicapai oleh pemain seperti Carsles Puyol, Xavi, Andres Iniesta, atau Messi.

Namun, ada pula beberapa lulusan La Masia, yang tak bertahan lama di Blaugrana, dan memilih bergabung dengan klub lain. Ada yang sengaja mencari tantangan di luar Spanyol, ada pula yang memang gagal bersaing di skuad utama Blaugrana.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Berikut lima pemain jeboan La Masia, yang tak bertahan lama di Barcelona, sebagaimana dinukil dari Purelyfootball:

*Ke halaman berikutnya

4 Skema Barcelona Juara LaLiga

1. Giovani dos Santos

Dos Santos bergabung dengan akademi Barcelona pada 2002, ketika masih berusia 13 tahun. Tampil mencolok, pemain asal Meksiko itu pun kemudian promosi ke tim senior Blaugrana, dan melakoni debutnya pada 2007.

Semusim membela Barca, dengan catatan empat gol dan tujuh assist dari 37 laga, Dos Santos hengkang ke Tottenham Hotspur pada 2008. Sempat dipinjamkan ke berbagai klub, dia bergabung dengan Mallorca pada 2012, dan Villarreal pada 2013.

2. Bojan Krkic

Memukau di La Masia, Bojan melakoni debutnya bersama tim senior Barcelona pada 2007, saat berusia 17 tahun dan 19 hari. Catatan itu mematahkan rekor --sebagai pemain termuda yang melakoni debut-- sebelumnya, yang dipegang oleh Lionel Messi.

Cuma empat musim di Barcelona, Bojan memilih melanjutkan karier di Serie A bersama AS Roma, dan sempat dipinjamkan ke AC Milan. Dia lalu bergabung dengan Ajax dengan status pinjaman, dan resmi bergabung dengan Stoke City pada 2014.

3. Thiago Alcantara

Saat berusia 14 tahun, Thiago bergabung dengan La Masia. Baru pada 2009, pemain kelahiran Italia itu melakoni debut di tim senior. Tapi, lantaran kalah bersaing, dia tak melulu dimainkan sebagai starter. Total, dia bermain 101 kali dalam lima musim.

Pada 2013, Thiago membuat satu keputusan penting dalam kariernya, yaitu bergabung dengan raksasa Jerman, Bayern Munich, dengan nilai transfer €25 juta. Kini, dia pun baru mencatatkan 38 penampilan bersama Die Roten.

4. Jonathan dos Santos

Saudara kandung Giovani dos Santos ini bergabung dengan La Masia sejak 2002, dan mendapat kepercayaan tampil di tim senior pada 2009. Namun, dalam lima musim membela Blaugrana, dia hanya bermain 28 kali di berbagai kompetisi.

Pada musim 2014-15, pemain kelahiran Monterrey, Meksiko tersebut dikontrak klub La Liga lainnya, Villarreal. Bersama Kapal Selam Kuning, Jonathan telah mencatatkan 17 penampilan dengan koleksi satu gol di musim pertamanya.

5. Gerard Deulofeu

Saat berusia sembilan tahun, atau pada 2003, Deulofeu bergabung dengan La Masia. Usai memukau bersama Barcelona B, dia promosi ke tim senior Blaugrana pada 2011. Tapi, dia kesulitan meraih tempat di tim utama, dan hanya main enam kali.

Pada 2013-14, Deulofeu dipinjamkan ke klub Premier League, Everton, dan Sevilla semusim setelahnya. Pada 1 Juli 2015, pemain yang berposisi sebagai winger tersebut resmi dikontrak oleh Everton, dengan nilai transfer £4,2 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya