18 Klub Dipastikan Tampil di Piala Kemerdekaan

Pemain Persepam MU (merah-putih)
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA.co.id - Sebanyak 18 klub Divisi Utama dipastikan ikut ambil bagian pada Piala Kemerdekaan bentukan Tim Transisi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Keikutsertaan mereka dibarengi dengan penandatanganan pakta integritas di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Juli 2015.

Pada acara ini, Martapura FC dan Persifak Fak-Fak juga ikut menandatangani pakta integritas. Namun perwakilan kedua klub ini masih menunggu keputusan final dari pengurus klub sebelum memastikan diri mengikuti Piala Kemerdekaan.

"Untuk kepastian kami masih menunggu keputusan Ketua Umum. Saya datang ke sini sebagai utusan untuk melihat bagaimana program turnamen. Baru setelah itu bicara dengan Ketua Umum," kata Pelatih Martapura FC, Frans Sinatra.

Piala Kemerdekaan dijadwalkan dihelat pada 1 Agustus mendatang. Salah satu anggota Tim Transisi, Zuhairi Misrawi, menekankan pihaknya menggelar turnamen ini dengan semangat pembaruan sepakbola Tanah Air.

"Piala kemerdekaan akan dimulai pada 1 Agustus, sekaligus untuk memperingati 70 tahun Indonesia merdeka. Kegiatan ini berjalan dengan spirit menyongsong era baru sepakbola nasional," ujar Zuhairi di hadapan wartawan.

Lebih jauh, Zuhairi mengaku pihaknya masih menjalin komunikasi dengan beberapa klub dari Indonesia Super League agar mau ikut serta dalam turnamen ini. "Ini komitmen untuk membangun kebersamaan dalam sepakbola Tanah Air."

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraha (Menpora), Imam Nahrawi, mengatakan siap menjadi pelindung klub-klub peserta Piala Kemerdekaan dari sisi hukum. Seperti diketahui, PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia yang diakui FIFA mengimbau semua klub Divisi Utama agar tidak ikut serta dalam turnamen bentukan Tim Transisi karena akan rawan terjebak dalam kasus korupsi.

"Pemerintah akan terus hadir dalam pengembangan sepakbola dan akan terus mendorong reformasi birokrasi dalam persepakbolaan nasional," ujar Imam.

Kisah Pahit Rio Haryanto di F1

"Mulai hari ini kita tidak boleh takut dari ancaman dan intimidasi. Negara akan hadir untuk memberi perlindungan," katanya.

Turnamen bentukan Tim Transisi ini akan diadakan dengan format setengah kompetisi. Peserta dibagi menjadi tiga grup menggunakan sistem home tournament. Untuk pemilihan tuan rumah, Tim Transisi akan melakukan verifikasi dengan melihat standar lapangan, fasilitas hotel, dan animo penonton di daerah masing-masing.

Berikut daftar klub peserta Piala Kemerdekaan:

Grup A:
1. PSMS Medan
2. PSPS Pekanbaru
3. Persires
4. Lampung FC
5. Persitara Jakarta Utara
6. Kalteng Putra

Grup B:
1. Perserang
2. Cilegon United
3. Persika Karawang
4. PSIR Rembang
5. Persip Pekalongan
6. Persidago Gorontalo

Grup C:
1. Persepam MU
2. Persebo Jaya Bojonegoro
3. Madiun Putra
4. Persikap Pasuruan Jaya
5. Persatu Tuban
6. Persinga Ngawi

Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.

Soal Jadi Pembalap Cadangan Manor, Kemenpora: Terserah Rio

Gatot sudah menjelaskan untung ruginya kepada pihak Rio.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016