Sebelum ke Lisbon, Martunis Rajin Kursus Bahasa Inggris

Pemuda Aceh, Martunis, ke Sporting Lisbon
Sumber :

VIVA.co.id - Selangkah demi selangkah, Martunis, berusaha menggapai mimpinya. Mimpi yang telah menjaga semangatnya untuk tetap bertahan hidup pasca bencana tsunami yang menghancurkan Aceh 2004 lalu.

Usianya baru delapan tahun saat tsunami menghantam Aceh. Ibu dan saudaranya tewas disapu gelombang raksasa tersebut. Martunis sendiri terdampar di pulau dan baru ditemukan 21 haru kemudian.

Keberadaan Martunis pertama kali dilaporkan oleh wartawan Sky News. Selain kisah survival Martunis, bocah kecil itu menarik perhatian media Portugal karena menggunakan kostum timnas Portugal bernomor punggung 10 milik Rui Costa.

"Saya tidak takut sama sekali, karena saya masih ingin hidup, dan bertemu dengan keluarga dan juga menjadi seorang pesepakbola," katanya menceritakan sedikit pengalamannya saat bertahan hidup.

Kisah Martunis menyentuh hati sejumlah pemain timnas Portugal. Tahun 2005, Martunis diundang untuk bertemu dengan skuad Portugal, termasuk Deco, Luis Figo, hingga Cristiano Ronaldo. Dia juga dikenalkan dengan sejumlah petinggi sepakbola termasuk, Presiden FIFA, Sepp Blatter. Bahkan CR7 sampai rela mengangkatnya sebagai anak.

Namun bertemu dengan para pesohor tak membuatnya lupa akan mimpinya. Martunis tetap meretas asa menjadi pesepakbola. Di kampungnya, Aceh, dia masuk sekolah sepakbola (SSB). Dia juga sempat dipanggil timnas U-17 namun gagal masuk skuad inti.

Selain berlatih sepakbola, Martunis juga mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya sebagai modal bermain di luar negeri. Untuk itu, seperti dilansir Dailymail, pria yang kini berusia 17 tahun tersebut bersedia mengikuti kursus tiga kali seminggu.

Semua kerja keras yang dilalui mulai menunjukkan hasil. Saat ini, Martunis telah resmi masuk akademi U-19 Sporting Lisbon. Dia diperkenalkan saat tim yang pernah dibela CR7 itu berulang tahun, Rabu lalu. Dalam sambutannya, Martunis tampak gembira menyambut kesempatan itu.

Ronaldo Pecahkan Rekor Gol Sundulan

"Senang sekali bisa berada di sini, klub ini membuat mimpi saya menjadi mungkin. Saya sangat antusias dengan kesempatan ini, Viva Sporting," ujarnya penuh semangat.

Nominasi pemain terbaik 2019

10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat

Ronaldo dan Messi dapat pesaing dari pemain Liverpool Virgil Van Dijk.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2019