Gelandang Persib Berniat Susul Andik ke Malaysia

Pemain Persib Bandung, M Taufiq, saat hadapi Hanoi T&T
Sumber :
  • Persib.co.id
VIVA.co.id
Bus Rombongan Persib Kecelakaan
- PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) telah memutuskan kontrak seluruh pemain, staf pelatih, dan ofisial Maung Bandung, menyusul tak jelasnya kompetisi di Indonesia. Kini, sejumlah pemain pun mulai memikirkan masa depan mereka.

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Manajer Persib, Umuh Muchtar, sebenarnya mengklaim semua pemain sudah menyatakan komitmennya untuk kembali jika kelak dibutuhkan. Tapi, bukan tidak mungkin para pemain Persib yang sudah berstatus bebas transfer pergi berkarier ke klub lain, khususnya di luar negeri.
Stadion Pakansari Jadi Opsi Utama Kandang Persib


Salah satu pemain yang mulai berpikir untuk melanjutkan karier sepak bolanya di luar negeri adalah gelandang Muhammad Taufiq. Eks pemain Persebaya 1927 tersebut menyimpan niat menyusul sahabatnya Andik Vermansyah berkarier di klub Malaysia, Selangor FA.


Saat disinggung mengenai kabar tersebut, Taufiq belum bisa memberikan jawaban tegas. "Kita lihat saja nanti. Mudah-mudahan dan minta doanya saja kalau memang ada kesempatan. Tapi, saya berharap situasi sepak bola Indonesia bisa segera kembali normal," ungkapnya.


Taufiq mengungkapkan, saat ini ingin beristirahat di kampung halamannya, Tarakan, Kalimantan Timur. "Saya belum pikirkan lebih jauh soal karier di sepak bola. Untuk saat ini, saya ingin kumpul dulu dan menikmati suasana Lebaran bareng keluarga di Kalimantan," paparnya.


Selain Taufiq, beberapa pemain sebelumnya sudah berpikir untuk menjalani karier di luar negeri. Salah satunya adalah Dedi Kusnandar. Bahkan, Dedi mengatakan telah mendapatkan tawaran untuk menjalani trial di salah satu klub Liga Jepang.


Tawaran menjalani karier tak hanya datang dari Negeri Matahari Terbit. Gelandang muda potensial kelahiran Sumedang itu pun menyatakan mendapatkan tawaran serupa untuk mencoba peruntungan di Liga Hong Kong.


"Jika berandai-andai, saya lebih suka berkarier di Jepang karena dalam banyak hal kompetisi, Liga Jepang bisa dikatakan paling maju di Asia," ucap pemain yang juga sempat memperkuat Arema Indonesia tersebut. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya