Lahm Tegaskan Ogah Kembali ke Timnas Jerman

Reaksi pemain Jerman, Philipp Lahm, usai gagal cetak gol
Sumber :
  • REUTERS/Fabrizio Bensch
VIVA.co.id
Oezil Tak Berharap Jadi Kapten Jerman
- Mantan kapten Jerman, Philipp Lahm menegaskan tak akan meralat keputusannya pensiun dari sepakbola internasional. Pemain Bayern Munich ini mengatakan keputusannya pensiun dari Der Panzer sudah bulat.

Jerman Menang 10 Gol Tanpa Balas di Olimpiade Rio 2016

Lahm memutuskan pensiun usai membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Pemain 31 tahun ini berperan kunci dalam membawa Der Panzer menaklukkan tuan rumah Brasil 7-1 di semifinal dan mengalahkan Argentina 1-0 di partai puncak.
Korsel Hampir Permalukan Jerman di Penyisihan Olimpiade


"Saya tak akan kembali. Mereka yang mengenal saya tahu, jika saya sudah membuat keputusan itu keputusan final. Tak ada yang lebih baik dibandingkan memutuskan pensiun usai kemenangan di final Piala Dunia melawan Argentina di Maracana," kata Lahm pada
France Football
.


"Kehidupan pribadi saya lebih penting dibandingkan profesi saya. Kelahiran putra saya adalah saat yang paling membahagiakan dalam hidup dibandingkan menjuarai Piala Dunia. Sekarang, kami memiliki lebih banyak waktu untuk bersama-sama," lanjut dia.


Lahm lalu mengungkapkan simpati atas Brasil yang dikalahkan Jerman 1-7. Dia juga merasakan hal yang sama saat Jerman dikalahkan Italia 0-2 di Piala Dunia 2006, juga di kandang sendiri.


"Saya tahu bagaimana perasaan mereka. Hal yang menyakitkan juga saat Jerman tersingkir ketika sudah dekat dengan final di kandang sendiri," kata Lahm.


"Balas dendam itu tak ada dalam sepakbola. Kami menyesal sudah menghancurkan tuan rumah seperti itu," sambung dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya