Copa America Bukan untuk Pemain-pemain Manja

Pemain Argentina, Sergio Aguero, di Copa America
Sumber :
  • REUTERS/Henry Romero

VIVA.co.id - Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam gelaran Copa America 2015, adalah kepemimpinan wasit yang dianggap membiarkan terjadinya pelanggaran-pelanggaran keras. Pemain-pemain yang tampil di liga Eropa pun mengeluh.

Sebelumnya, kubu Brasil menilai wasit di turnamen Amerika Latin tersebut tidak melindungi kapten mereka, Neymar, yang kerap jadi korban tekel-tekel pemain lawan. Malah, pemain milik Barcelona itu dikartu merah wasit dan harus absen empat laga akibat memprotes keputusan tersebut.

Setelah Brasil, kini protes datang dari tim Argentina yang diisi oleh pemain-pemain yang tampil di kompetisi Benua Biru. Sergio Aguero merasakan hal tersebut, ketika menghadapi Kolombia di laga perempat final.

Bomber Manchester City itu menilai wasit tidak memberikan perlindungan pada pemain, setelah dia mendapatkan kartu kuning akibat protes keputusan wasit yang membiarkan tekel keras pemain Kolombia di dalam kotak penalti.

"Saya tidak mengerti, tampaknya ada gaya sepakbola yang berbeda di Amerika Selatan," ujar Aguero, seperti dilansir dari ESPN FC.

Namun, argumen unik dibuat sang pengadil, Roberto Garcia Orozco, menghadapi keluhan dari Messi. Wasit asal Meksiko itu mengatakan kalimat kalau sepakbola Amerika Latin bukan untuk pemain-pemain manja, yang tukang jatuh.

"Si wasit mengatakan: Ini Amerika (Latin), nak. Padahal, kami dari sini juga," tambah Aguero bercerita sambil kebingungan.

Dengan daya gedor yang sangat berbahaya, pemain lawan memang kadang bermain tanpa kompromi. Buktinya, Argentina hanya bisa mencetak empat gol, angka terendah dalam kompetisi yang berjalan di Chile saat ini.

Bahkan, Messi pun sampai ikut mengeluh usai laga kontra Kolombia. "Sangat menakutkan, apa yang harus dilakukan, agar saya tidak sampai mencetak gol," keluh kapten Albiceleste tersebut pada Ole.

Pertarungan Copa America sendiri sudah memasuki babak akhir. Chile memastikan satu tempat di partai final, setelah menang 2-1 atas Peru di laga semifinal Selasa pagi WIB, dan akan menghadapi pemenang antara Argentina kontra Paraguay yang akan berlangsung Rabu pagi WIB, 1 Juli 2015.

(Baca Juga: 2 Gol Vargas Bawa Chile ke Final Copa America)

Argentina Terhindar dari Angkat Koper di Olimpiade 2016

(asp)

Pertandingan Argentina vs Honduras di Olimpiade Rio 2016

Langkah Timnas Argentina di Olimpiade Rio 2016 Terhenti

Di pertandingan pamungkas Grup D mereka bermain imbang 1-1

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016