Hiddink Mundur dari Jabatan Pelatih Timnas Belanda

Guus Hiddink
Sumber :
  • REUTERS/Ints Kalnins
VIVA.co.id
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
- Guus Hiddink memutuskan mengundurkan diri dari jabatan sebagai pelatih timnas Belanda. keputusan ini terkait rangkaian hasil buruk yang dipetik timnas Belanda di kualifikasi Piala Eropa 2016.

Hiddink Akui Chelsea Pantas Kalah dari ManCity

Seperti diketahui, pelatih berusia 68 tahun itu mengambil alih jabatan pelatih timnas Belanda dari Louis van Gaal yang sukses membawa Der Oranje meraih peringkat tiga di Piala Dunia 2014 lalu di Brasil.
Lawan Swansea, Chelsea Andalkan Pilar Mudanya


Namun, Hiddink yang merupakan mantan pelatih timnas Korea Selatan, Australia dan Rusia itu gagal melanjutkan raihan apik Van Gaal. Belanda asuhan Hiddink, saat ini menempati posisi tiga grip A kualifikasi Piala Eropa 2016.


Belanda pun berpotensi harus melewati babak
playoff
untuk mengamankan satu tiket ke putaran final Piala Eropa yang akan digelar di Prancis, tahun depan itu. Situasi buruk ini menjadi tekanan buat Hiddink yang akhirnya memilih mundur.


"Saya minta maaf harus pergi dengan cara ini. Saya menganggap sebuah kehormatan bisa kembali menjadi pelatih timnas Belanda." kata Hiddink seperti dilansir
Soccerway
, Selasa 30 Juni 2015.


"Saya berharap pengganti saya, staf dan tim ini meraih sukses dalam mengejar target meraih keberhasilan di Piala Eropa di Prancis," kata Hiddink yang pernah menjabat sebagai pelatih timnas Belanda periode 1995-1998 itu.


Direktur Federasi Sepakbola Belanda (KNVB), Bert van Oostveen pun menyayangkan situasi ini. "Sangat disesalkan, hasil kepemimpinan Guus tak terlihat langsung untuk semua orang. Kami berterima kasih kepada Guus untuk usahanya."


Selanjutnya, timnas Belanda untuk sementara akan dipimpin asisten pelatih Danny Blind. Dia akan memimpin Belanda di lanjutan kualifikasi Piala Eropa pada 3 September mendatang melawan Islandia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya