Berapa Uang Bonus yang Diterima Barca Usai Juara Eropa?

Barcelona juara Liga Champions 2014/2015
Sumber :
  • Reuters / Kai Pfaffenbach
VIVA.co.id
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
- Total pendapatkan Barcelona benar-benar luar biasa usai menjadi kampiun Liga Champions. Tetapi, pendapatan sang juara malah kalah dari Juventus yang hanya runner-up. Kok bisa?

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Dengan keberhasilan meraih gelar juara di Berlin, Sabtu 6 Juni 2015, atau Minggu dini hari WIB, maka total pendapatan Barcelona mencapai €57,9 juta, atau Rp862 miliar.
Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal


Hasil tersebut, adalah akumulasi dari bonus partisipasi (€8,6 juta), bonus penampilan (€5 juta untuk lima kemenangan di fase grup), bonus babak 16 besar (€3,5 juta), perempat final (€3,9 juta), semifinal (€4,9 juta), dan hasil kemenangan di final kemarin (€10,5 juta).


Selain itu, Barca juga kebagian jatah €20,5 juta dari uang market pool, yang didistribusikan UEFA ke klub peserta berdasarkan nilai jual dan hak siar pertandingan di masing-masing negara.


Tapi ada hal menarik. Juventus ternyata mengumpulkan bonus penampilan yang lebih besar daripada Barcelona, dengan total pendapatan sampai €58 juta, atau setara dengan Rp863 miliar.


Selain itu, Bianconeri juga hanya bisa merebut tiga kemenangan plus satu hasil imbang (€3,5 juta) pada fase grup. Tetapi, nilai jual Juventus begitu besar, sehingga pendapatan market pool yang didapat mereka sampai €27,14 juta, atau lebih besar €7 juta lebih dari Barcelona.


Angka besar tersebut memang sangat menggiurkan, apalagi UEFA siap mendongkrak penghasilan di Liga Champions sampai 50 persen. Seperti yang dilansir dari
Total Sportek
, tim yang berhasil menjadi juara Eropa musim depan bisa mengantongi bonus sampai €100 juta, atau sekitar Rp1,4 triliun! (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya