Resmi, Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala AFF

Tim sepak bola Indonesia U-19 berpose sebelum bertanding melawan tim Singapura U-19 pada laga persahabatan jelang AFF U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (8/12).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA.co.id - Dampak sanksi FIFA terus mengerogoti sepakbola Indonesia. Setelah terdepak dari sejumlah kompetisi AFC, kini status tuan rumah di beberapa ajang Piala AFF pun hilang.

Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, mengakui bahwa status tuan rumah untuk Piala AFF U-19 dan AFF U-16 resmi dicabut. Meski demikian, peluang untuk bermain tetap ada walau sangat kecil.

"Surat AFF sudah keluar. Status tuan rumah U-16 dan U-19 resmi dicabut. Keikutsertaan memang belum (dicabut), tapi kalau lihat situasi sepertinya juga akan dicoret," kata Azwan kepada wartawan di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Jumat, 5 Juni 2015.

Surat dari AFF itu dikirim hari Kamis, 5 Juni kemarin. Dalam surat yang ditandatangani Sekjen AFF, Dato Azzuddin Ahmad, itu dijelaskan bahwa pihak AFF tak punya pilihan lain selain mencabut hak tuan rumah Indonesia.

Azwan mengatakan, penentuan tuan rumah untuk dua ajang tersebut akan diputuskan oleh AFF dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, Indonesia memang gagal bertarung di sejumlah kompetisi internasional pasca disanksi FIFA. Sebelumnya, AFC mengumumkan bahwa Indonesia resmi dicoret dari kualifikasi Piala Dunia 2018. Selain itu, Indonesia juga tak bisa menurunkan wakilnya di Piala Asia U-16 dan U-19.

Tak hanya timnas, klub juga menerima imbasnya. Persipura Jayapura akhirnya tercoret dari persaingan di Piala AFC meski belum bertanding melawan Pahang FA.

PBB Harus Usir Israel dari Gaza jika Tak Patuhi Resolusi Gencatan Senjata, Menurut PKS
Shin Tae-yong dan Ragnar Oratmangoen

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui keberadaan pemain naturalisasi menambah kekuatan timnya.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024