Kompetisi Tak Jelas, 3 Legiun Asing Persib Hengkang?

Makan Konate (Kiri)
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id - Persib Bandung siap-siap melepas sejumlah aset pentingnya akibat ketidakjelasan masa depan sepak bola Indonesia. Tiga legiun asing yang dimiliki Maung Bandung, kemungkinan besar bakal jadi gerbong pertama yang meninggalkan Bandung.

Ketiganya adalah Makan Konate, Vladimir Vujovic, dan Ilija Spasojevic. Trio pemain impor Persib tersebut sebenarnya beberapa kali menyatakan diri ingin bertahan ketimbang harus berpetualang lagi ke negara lain. Namun situasi dan kondisi sepak bola yang kian runyam memaksa mereka cepat atau lambat harus pergi dari Persib dan Indonesia.

Manajer Persib, Umuh Muchtar menyatakan dalam kondisi sekarang pihaknya tak akan bisa berbuat banyak karena tak adanya agenda kompetisi domestik di Indonesia. Karena itu, Umuh mengatakan sekalipun klub ngotot mempertahankan pemain, pada kenyataanya pemain pun harus berpikir realistis untuk melanjutkan karier sepak bola mereka.

"Situasinya serba membuat bingung. Kita tak akan menghalangi para pemain yang saat ini ada di tim untuk bermain di luar. Terutama para pemain asing. Jika Konate, Vladimir, dan Spaso punya rencana main di luar, kita akan persilahkan karena situasinya memang serba sulit dan membingungkan," terang Umuh.

"Jadi kita mungkin akan dahulukan untuk melepas pemain asing. Kalau ditahan-tahan kasihan juga mereka. Mereka datang ke sini kan untuk kerja, sementara di Indonesia-nya sendiri kompetisi tidak jelas. Bahkan, agen Konate pun sudah meminta untuk melepas, kita juga tak akan halang-halangi karena ini kan menyangkut pekerjaan mereka," sambungnya.

Hal serupa juga berlaku buat pemain lokal, Umuh menegaskan pihaknya pun tak akan menghalangi jika ada pemain yang berniat pergi dan berencana bermain dalam kompetisi tidak resmi seperti pertandingan antar kampung atau tarkam.

"Silakan saja, kita akan izinkan. Itung-itung buat jaga kondisi juga," papar Umuh yang baru saja menyatakan mundur dari posisinya sebagai Komisaris PT Liga Indonesia.

Meski diberikan keleluasan untuk pergi, namun banyak di antara penggawa Maung Bandung yang menyatakan belum memiliki rencana ke depan. Umumnya para pemain Persib lebih suka menunggu keputusan resmi manajemen, terutama terkait kontrak yang dipastikan akan dirasionalisasi setelah Persib tak lagi memiliki agenda pertandingan di kompetisi resmi usai disingkirkan Kitchee SC di babak 16 besar AFC Cup.

"Belum ada rencana pasti mau ngapain untuk mengisi kekosongan. Untuk saat ini saya masih menunggu keputusan resmi dari manajemen dan mudah-mudahan ada solusi terbaik," harap gelandang senior Persib, Firman Utina.

Hal serupa diungkapkan penyerang andalan Maung Bandung, Tantan yang menyatakan belum merasa tertarik menerima tawaran bermain di kompetisi tarkam. "Kalau dulu memang saya bisa bebas saja bermain gacong (tarkam). Tapi sekarang kan beda, saya masih terikat kontrak di Persib dan harus profesional," ucapnya.

Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016