Start Buruk Garuda Muda di SEA Games 2015

Pemain timnas Indonesia U-23 Adam Alis Setyano
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
VIVA.co.id -
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Myanmar
Indonesia dipaksa mengawali pertandingan cabang sepakbola SEA Games 2015 dengan hasil buruk, Selasa 2 Juni 2015. Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan dari Myanmar dalam laga penyisihan Grup A dengan skor 2-4.

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Hari Ini

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Jalan Besar, Singapura, Indonesia harus mengakui keunggulan 1-2 dari Myanmar di babak pertama. Gol Myanmar diciptakan oleh Shine Thura (menit 21) dan Thu Aung (menit 37), sedangkan Indonesia memperkecil lewat gol Abduh Lestaluhu di menit 45.
Posisi Zulham dan Andik di Timnas dalam Sorotan


Pada babak kedua, Indonesia yang tertinggal satu gol harus kembali kebobolan. Kesalahan fatal Hansamu Yama Pranata harus dibayar mahal dengan gol kedua dari Thu Aung di menit 54. Skor menjadi 1-3 bagi keunggulan Myanmar.

Pasukan Garuda Muda kian terpuruk  saat Kyaw zin Lwin berhasil membobol gawang Indonesia di menit 66, skor menjadi 4-1. Evan Dimas cs tak menyerah begitu saja, akhirnya Ahmad Nufiandini berhasil mencetak gol di menit 70 untuk memperkecil ketinggalan.


Hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan, Indonesia tetap tak mampu menyusul perolehan Myanmar, Indonesia pun harus menyerah dari Myanmar di laga perdana dengan skor 2-4. Start yang cukup buruk bagi skuad asuhan Aji Santoso.


Dalam catatan
Soccerway
, Indonesia unggul sedikit dalam mendominasi jalannya pertandingan dengan persentase 53 persen. Garuda Muda juga melepaskan 10 tembakan, di mana empat di antaranya mengarah ke gawang.


Kekalahan ini menjadi start terburuk Indonesia di ajang SEA Games, sejak terakhir kali terjadi pada 1995. Saat itu Indonesia dipaksa takluk 0-2 oleh Thailand, dua gol tersebut dicetak oleh Surachai Jaturapattanapong.


Indonesia hanya mampu menang tujuh kali pada laga perdana sejak 1995 tersebut. Kemenangan terakhir didapat pada tahun 2013 dengan mengalahkan Kamboja 1-0, dan Indonesia sendiri mengakhirinya sebagai runner up karena kalah 0-1 dari Thailand di babak final.


Peluang Lolos Tetap Ada

Dengan kemenangan 4-2 ini, Myanmar sementara memuncaki klasemen sementara Grup A dengan tiga poin. Posisi kedua ada Singapura yang juga memiliki poin sama usai menang 1-0 atas Filipina.


Sedangkan Indonesia berada di posisi terbawah, atau di atas Kamboja dan Filipina. Pada laga selanjutnya skuad Garuda Muda akan berhadapan dengan Kamboja pada Sabtu 6 Juni 2015, dan kemenangan menjadi penting untuk bisa menjaga asa lolos ke babak semifinal.


Pelatih Aji Santoso sendiri sangat kecewa dengan kekalahan tim asuhannya atas Myanmar di laga perdana ini. Namun, pelatih berusia 45 tahun ini tetap optimistis Indonesia bisa terus melangkah jauh.


 "Situasi (kekalahan) ini tidak baik tetapi hal yang paling penting adalah bahwa pemain mendapatkan lebih dari hasil ini. Tapi kami masih memiliki tiga pertandingan selanjutnya, dan saya percaya kami masih bisa lolos ke semifinal,” kata Aji Santoso di situs resmi SEA Games 2015.


Sementara itu, pelatih Myanmar Kyi Lwin benar-benar terima kasih atas dukungan suporter timnya pada laga ini. Dia juga kian percaya bila timnya bisa memenuhi target pada SEA Games yang berlangsung di Singapura ini.


"Mereka (suporter) 100 persen penting saat ini; kita benar-benar harus mengatakan banyak 'terima kasih' untuk pendukung kami,” kata Kyi Lwin.


"Kami memiliki keyakinan penuh. Kami bilang bahwa tujuan kami adalah untuk memenangkan medali emas,” lanjutnya.


Berikut jadwal lengkap Timnas U-23 di SEA Games 2015:

Indonesia U-23 vs Myanmar U-23: Selasa, 2 Juni 2015, pukul 19.30 WIB

Indonesia U-23 vs Kamboja U-23: Sabtu, 6 Juni 2015, pukul 19.30 WIB

Indonesia U-23 vs Filipina U-23: Selasa, 9 Juni 2015, pukul 19.30 WIB

Indonesia U-23 vs Singapura U-23: Kamis, 11 Juni 2015, pukul 19.30 WIB

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya