Resmi, Indonesia Dijatuhi Sanksi FIFA

Para pemain Timnas U-23 Indonesia usai dibantai Korea Selatan 0-4
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti, secara resmi mengumumkan bahwa sepakbola Indonesia sudah disanksi oleh FIFA. La Nyalla menyebut belum dicabutnya SK Pembekuan PSSI oleh Kemenpora menjadi dasar utama bagi FIFA untuk menjatuhkan sanksi kepada Indonesia.

Sanksi untuk Indonesia, masih dikatakan La Nyalla, tak memiliki batas waktu. Pencabutan sanksi bisa dilakukan, jika Menpora Imam Nahrawi mencabut sanksinya.

"Masih ada jalan lain sebenarnya, hasil definitif dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Jika kami menang, kami harus menyerahkan hasilnya ke FIFA. Tapi, saya berharap bapak Menpora bisa mencabut SK-nya. Dengan begitu sepakbola kita bisa lepas dari sanksi," ucap La Nyalla lewat teleconference bersama tvOne.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Dengan sanksi ini, Indonesia dipastikan tak boleh beraktivitas di kompetisi-kompetisi internasional. Tak cuma timnas, klub juga dilarang untuk berhubungan dengan dunia luar.

Terkait pemain yang berlaga di luar negeri, FIFA mengizinkan mereka untuk menghabiskan kontrak bersama klub. Namun, untuk perpanjangan, jika sanksi tak juga dicabut, mereka tak diizinkan.

Sanksi FIFA terhadap Indonesia dijatuhkan pada Sabtu 30 Mei 2015, setelah rapat luar biasa Komite Eksekutif FIFA. Berikut ini adalah foto dari surat sanksi FIFA terhadap Indonesia:

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan

Surat sanksi FIFA

Surat sanksi FIFA halaman 1 bagian bawah

Timnas U-19 Terbang ke Korsel, Marselino Ferdinan Tergantung Persebaya

Surat sanksi FIFA halaman 2

Surat sanksi FIFA bagian akhir

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022