Copa del Rey, Pembuka Jalan Barcelona Meraih Treble Winner

Kemeriahan massa fans Barcelona di Stadion Camp Nou.
Sumber :
  • REUTERS/Marcelo del Pozo
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Laga sengit nan krusial sudah menunggu Barcelona akhir pekan ini, Minggu dinihari 30 Mei 2015. Lionel Messi dan kawan-kawan akan menghadapi Athletic Bilbao di laga final Copa del Rey di Camp Nou.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Laga ini sendiri akan menjadi pembuka jalan bagi skuad asuhan Luis Enrique guna memenuhi ambisi besar mereka musim ini meraih treble winner (meraih tiga gelar bergengsi sekaligus dalam semusim).
4 Skema Barcelona Juara LaLiga


Sebelumnya, Barcelona sudah memastikan meraih trofi La Liga, dua pekan lalu. Jika bisa memenangi Copa del Rey, akhir pekan ini, maka tinggal final Liga Champions pada 6 Juni mendatang yang menjadi target terakhir Barca.

Pelatih Barcelona Luis Enrique tanpa sungkan menyatakan sagat berhasrat bisa meraih tiga gelar sekaligus musim ini. Jika berhasil, maka ini mengulangi sukses Barcelona asuhan Pep Guardiola kala meraih treble winner pada 2009 silam.

"Kami memiliki dua laga penting yang akan dimainkan dan kami harus menunjukkan lebih baik dari lawan kami. Kami masih punya dua gelar yang akan diperebutkan, namun kami punya konsistensi," ujar Enrique seperti dilansir AS.

"Copa sangat spesial karena kami memainkan laga final di Camp Nou, stadion paling indah di dunia. Gelar ganda (liga dan piala) akan menjadi hal yang indah," katanya.

Sementara itu, kiper Barcelona, Marc Andre Ter Stegen, mengatakan bila Barcelona masih belum memikirkan partai final Liga Champions. El Barca memilih fokus bagaimana meraih kemenangan di final Copa del Rey.


"Saya hanya bisa mengatakan bahwa tim hanya fokus pada final akhir pekan ini. Usai final, baru-lah kami memikirkan Liga Champions. Namun memenangkan Copa merupakan cara yang bagus untuk mempersiapkan diri menjelang Liga Champions," kata Ter Stegen, dilansir Mundo Deportivo.


Barcelona mendapat angin segar jelang laga final Copa del Rey. Pasalnya Blaugrana kemungkinan besar sudah bisa memainkan striker andalan mereka, Luis Suarez yang sebelumnya sempat mengalami cedera.


Suarez terlihat berlatih penuh bersama tim utama Barca di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Rabu kemarin. Selama berlatih, El Pistolero terlihat sangat fit. Suarez diketahui menjalani beberapa terapi khusus agar pulih tepat waktu.


Peran Suarez di Barca musim ini memang sangat sentral. Dia sudah membobol gawang lawan di ajang La Liga sebanyak 16 kali. Tak hanya itu, Suarez juga semakin padu dengan dua rekannya di lini depan, Lionel Messi dan Neymar Jr.


Sementara itu, ambisi besar Barcelona juga dihadang tekad Athletic Bilbao yang sangat bernafsu mempermalukan Barca di hadapan publik sendiri di Camp Nou. Pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde, mengaku tidak terlalu dipusingkan dengan venue final yang terlihat menguntungkan Barca.


"Sejujurnya, semakin saya berpikir tentang laga final di Camp Nou, semakin saya menyukai hal tersebut," kata Valverde, seperti dilansir situs resmi klub.


"Jika kami bisa mengalahkan mereka di kandang, tentu prestasi itu akan dikenang oleh banyak orang. Camp Nou akan menjadi skenario yang sulit bagi kami, namun juga sangat bagus bagi fans. Akan sangat banyak fans kami yang hadir di sana,” lanjut dia.


Final Ideal
, Rentan Sanksi

Pertemuan Barcelona melawan Athletico Bilbao bisa dibilang sebagai final yang ideal, sebab Barca dan Bilbao merupakan dua tim dengan gelar terbanyak di ajang Copa del Rey.


Blaugrana masih menjadi tim tersukses dengan raihan 26 gelar dan 10 runner-up, sepanjang sejarah perhelatan Copa del Rey. Sedangkan, Los Leones menyusul dengan raihan 23 gelar dan 13 runner-up.


Kedua tim sempat bertemu di final Copa del Rey 2011-12 yang berlangsung di Vicente Calderon. Barca menang telak tiga gol tanpa balas berkat 2 gol Pedro Rodriguez di menit 3 dan 25 serta Lionel Messi di menit 20.


Meski disebut ideal, duel final ini juga ternyata sangat rentan menghadirkan sanksi dari pemerintah Spanyol terhadap kedua tim. Seperti diketahui, Barca merupakan klub asal Catalan, Sedangkan Bilbao klub asli etnis Basque.


Nah, dua etnis ini selalu melakukan perlawanan terhadap pemerintah Spanyol. Baik Catalan dan Basque selalu berupaya untuk melepaskan diri dari Kerajaan Spanyol. Salah satu aksi yang kerap mereka lakukan adalah pelecehan lagu kebangsaan Spanyol, Marcha Real.


Di ajang Copa del Rey, biasanya akan diputar lagu tersebut. Untuk langkah pencegahan, pemerintah Spanyol menugaskan pihak berwajib meningkatkan pengamanan. Pemerintah, juga mengirimkan surat kepada Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) serta ke dua klub yang bertanding.


Dilansir Marca, surat tersebut berisikan himbauan. Pihak klub diminta menginformasikan suporternya agar bersikap santun dan tidak menghina lagu kebangsaan Spanyol. Andai hal itu terjadi, maka Komisi Anti Kekerasan Spanyol siap menjatuhkan sanksi hukum yang berat.


Namun, terlepas dari potensi pelecehan yang terjadi, duel ini diprediksi akan berlangsung menarik dan banyak tercipta gol. Dalam beberapa pertemuan terakhir, tidak pernah laga berakhir imbang tanpa gol.


Berikut ini tujuh pertemuan terakhir kedua tim:


9 Februari 2015 La Liga

Athletic Bilbao     2 - 5    Barcelona

13 September 2014 La Liga

Barcelona         2 - 0    Athletic Bilbao

21 April 2014 La Liga

Barcelona         2 - 1    Athletic Bilbao

2 Desember 2013 La Liga
   

Athletic Bilbao     1 - 0    Barcelona

27 April 2013 La Liga
   

Athletic Bilbao     2 - 2    Barcelona

2 Desember 2012     La Liga    

Barcelona         5 - 1    Athletic Bilbao

26 Mei 2012 Copa del Rey
   

Athletic Bilbao     0 - 3    Barcelona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya