Bedah Musim Ronaldo: Tetap Tajam Tapi Beda Gaya

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina
VIVA.co.id
10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat
- 61 gol dalam 54 pertandingan menjadi catatan karier terbaik Cristiano Ronaldo. Penyerang Real Madrid itu kini menunjukan identitasnya sebagai pemain dengan gaya baru.

Ronaldo Pecahkan Rekor Gol Sundulan

Catatan rekor gol CR7 musim ini melewati catatan terbaik sebelumnya pada 2011-12 dengan 60 gol dari 55 pertandingan. Seperti dilansir dari
5 Bintang Top Eropa yang Anti Minuman Beralkohol
Opta , angka itu sebenarnya mirip-mirip, tapi gaya bermain Ronaldo kini berbeda.


Saat Madrid merekrut Ronaldo sebagai pemain termahal dunia dengan €94 juta pada 2009, mereka mendatangkan seorang winger dengan kecepatan dribble yang luar biasa, skill menggiring bola, dan teknik luar biasa. Ia bisa mencetak gol dari masa saja.


Enam tahun berselang, keran gol Ronaldo masih belum berhenti. 48 gol di La Liga membuatnya kembali raih trofi Pichichi musim ini sekaligus Sepatu Emas Eropa untuk keempat kalinya.


Namun, pemain Portugal itu mulai mengganti gaya bermainnya dengan memasuki usia yang menua. Di usia 30 tahun, Ronaldo adalah pemain yang berbeda dari yang bermain di Manchester United.


Gaya menusuk dari tengah adalah masa lalu. Menyodorkan umpan-umpan matang sudah lewat pada 2009 lalu. Saat ini, Ronaldo lebih banyak handal menyelesaikan peluang. Posisinya pun mulai digeser menjadi penyerang tengah.


Dari 48 gol di La Liga musim ini, 41 di antaranya (85 persen) dicetak dengan satu sentuhan. Sementara 43 dari 48 (90 persen) dicetak di dalam kotak penalti. 10 (21 persen) dari titik penalti, sementara 12 (25 persen) lewat sundulan, catatan terbaik Ronaldo, dan hanya dua dari tendangan bebas (4 persen).


Bola mati jadi titik kelemahan Ronaldo musim ini. Meski sering menjadi eksekutor, tendangan pemain terbaik dunia itu kerap gagal. Gol dari tendangan bebas baru tercipta pada pekan-pekan akhir.


Melihat dari statistik tersebut, Ronaldo kini malah bertransformasi dari CR7 ke CR9, seorang pemain dengan gaya ala striker. Tetapi, Ronaldo gagal bersinar saat menggunakan nomor 9 di awal musimnya bersama Madrid. Pada 2009-10, Ronaldo mencetak 26 gol di La Liga, dan hanya 61 persen di antaranya dari sentuhan pertama, lalu hanya 12 persen dari sundulan. Musim ini, Ronaldo mencetak delapan gol individu.


Sejak 2009-10, Ronaldo sudah mencicipi tiga kali perubahan di kursi pelatih. Dari Manuel Pellegrini, Jose Mourinho, dan Carlo Ancelotti. Menarik untuk dilihat evolusi apa yang akan diberikan Rafa Benitez kalau sampai jadi pelatih El Real nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya