Mayoritas Anggota UEFA Ingin Pangeran Ali Pimpin FIFA

Ketua UEFA, Michel Platini, di undian Piala Dunia 2014
Sumber :
  • REUTERS/Ricardo Moraes

VIVA.co.id - Presiden otoritas tertinggi sepakbola Eropa, UEFA, Michel Platini belakangan menunjukkan ketidaksukaannya kepada calon presiden FIFA, yang merupakan petahana, Sepp Blatter. Skandal FIFA semakin membuat ia tak senang dengan Blatter.

Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?

Platini menuturkan, asosiasi sepakbola di Eropa kebanyakan mendukung Pangeran Ali Bin Al Hussein, pesaing Blatter di pemilihan presiden FIFA kali ini. Dia yakin, negara-negara anggota EUFA bisa memberi suara signifikan untuk kemenangan Pangeran Ali.

"Ada rasa sakit di perut. Melihat seseorang yang telah bekerja di FIFA bertahun-tahun, saya benar-benar muak," kata Platini, sebagaimana dikutip dari BBC Sport.

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

"Mayoritas besar, benar-benar besar, dari asosiasi sepakbola Eropa akan memberikan suaranya untuk Pangeran Ali. Saya pikir Eropa bisa membawa banyak suara. Saya berharap 53 (negara), tapi minimal 45-46," ujar mantan pemain Juventus ini menambahkan.

Ia mengaku telah berbicara langsung dengan Blatter, dan memintanya untuk mundur dari pencalonan. Tapi, hal tersebut tak membuahkan hasil, karena pada kenyataannya, pria asal Swiss tersebut tetap maju sebagai kandidat.

Timnas Rusia Dihapus dari Game FIFA, Netizen: Israel Juga Dong!

"Saya memintanya secara pribadi, dalam pertemuan empat mata. Saya katakan, 'Sepp, Anda memulainya di FIFA pada 1998, dan untuk masa depan FIFA, saya meminta Anda untuk berhenti," ujar pria bernama lengkap Michel Francois Platini ini.

Pemilihan presiden FIFA untuk periode 2015-2019 bakal digelar di Zurich, Swiss Jumat 29 Mei 2015 waktu setempat, bertepatan dengan Kongres ke-46 FIFA. Blatter akan bertarung dengan kandidat lainnya, yaitu pangeran Ali Bin Al Hussein.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya