8 Fakta Mengejutkan Si Pembocor Skandal Korupsi FIFA

Chuck Blazer
Sumber :
  • bloguin.com
VIVA.co.id
Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?
- Nama Charles Gordon Blazer memang tidak terlalu cukup terdengar di dunia sepakbola, namun kini dia menjadi ‘bintang’. Dia adalah pembocor kasus korupsi yang terjadi di Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) kepada FBI.

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

Pria berusia 70 tahun yang biasa disapa Chuck ini, terjun ke dunia sepakbola pada 1989 dalam kondisi menganggur dan memiliki hutang menumpuk. Namun, otak bisnisnya yang membuat dia bisa meraup banyak uang dari sepakbola.
Timnas Rusia Dihapus dari Game FIFA, Netizen: Israel Juga Dong!


Blazer coba mempopulerkan sepakbola di Amerika Serikat, hingga sekarang muncul kompetisi Major League Soccer (MLS) yang bergengsi dengan banyak pemain bintang Eropa. Dia pun berhasil membuat kontrak MLS dengan TV untuk rakyat Amerika dengan nominal $720 juta atau setara 10 triliun.

Belum cukup sampai di situ, dia juga mendirikan Gold Cup yang mempertemukan jawara zona Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia. Piala Konfederasi maupun Piala Dunia Antarklub pun merupakan ‘ciptaannya’.


Akhirnya, FIFA menarik Blazer sebagai anggota Komite Eksekutif FIFA AS yang pertama sekaligus terlama, yakni dari 1996 hingga 2013. Mulai dari situlah dia melakukan bisnis kotornya.


Namun, kejahatannya mulai terendus oleh pihak berwajib. Puncaknya, Komite Integritas FIFA menemukan adanya dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Blazer selama menjadi Sekjen CONCACAF pada 1990–2011.


Itu juga yang membuatnya berurusan dengan FBI karena banyak menunggak pajak selama 10 tahun.  FBI juga mendapatkan fakta bila Blazer menutupi pembukuannya tersebut selama 20 tahun yang lalu, dan dia pun harus membongkar kejahatan yang dilakukan koleganya selama itu.


Hal itulah yang dijadikan alat oleh FBI untuk membongkar kasus korupsi di internal FIFA jelang pemilihan kongres dan pemilihan presiden baru pada Jumat 29 Mei 2015. Masih banyak fakta-fakta mengejutkan dari sosok Blazer, seperti dilansir
Fusion.


Berikut fakta-fakta mengejutkan dari Chuck Blazer

1
. Blazer mengawali kariernya di dunia sepakbola dari nol. Pada tahun 1989, Blazer yang pengangguran bertolak ke Port of Spain di Trinidad dan Tobago.


2.
Dia menjadi juru kampanye Jack Warner (salah satu pihak yang didakwa) saat hendak menjadi presiden CONCACAF. Warner menang dan Blazer diangkat jadi sekjennya sekaligus menjadi tangan kanannya.


3.
Dalam kesepakatan Blazer dengan CONCACAF, dia mengumpulkan 10 persen pada setiap dolar dari perusahaan asing ke CONCACAF. Ini juga yang membuatnya juga dikenal sebagai
Mr 10 percent.


4.
Dia juga tidak pernah membayar pajak penghasilan selama lebih dari satu dekade. Antara 1991 dan 2011 dan bila ditotalkan kurang lebih sebesar  $22 juta


5.
Pria berusia 70 tahun ini juga memiliki tunggakan kartu kredit hingga 29 juta dollar AS (sekitar Rp 382,465 miliar). Uang sebesar itu digunakan untuk menunjang gaya hidupnya.


6.
Blazer menyediakan tempat tinggal untuk kucing peliharaannya di Menara Trump, salah satu gedung pencakar langit di New York. Harga apartemen tersebut seharga $6 ribu.


7.
CONCACAF membelikannya sebuah mobil SUV Hummer seharga $48.500


8.
CONCACAF juga membayar rumah Blazer yang berada di New York, Miami Beach, dan Bahama. Di Miami Beach, dia memiliki dua apartemen yang harganya $810 ribu.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya