Perpres Hilangkan Posisi 'Tangan Kanan' Menpora

Menpora, Imam Nahrawi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Struktur organisasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berubah. Melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2015, yang dikeluarkan pada 18 Mei 2015, struktur organisasi Kemenpora mengalami perampingan.

Lewat perpres ini, jumlah deputi yang sebelumnya ada lima berkurang. Dipastikan, jumlah deputi menpora saat ini hanya ada empat.

Yang hilang lewat perpres ini adalah Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora. Dengan demikian, Gatot S Dewa Broto yang selama ini menjadi "tangan kanan" Menpora Imam Nahrawi, kehilangan jabatannya sebagai deputi.

Dilansir situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, pasal 4 Perpres No.57/2015 menyebutkan susunan organisasi Kemenpora terdiri atas:

a. Sekretariat Kementerian; b. Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda; c. Deputi Bidang Pengembangan Pemuda; d. Deputi Bidang Pembudayaan Pemuda; e. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga. f. Staf Ahli Bidang Politik; g. Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif; h. Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga; dan i. Staf Ahli Bidang Kerjasama Kelembagaan.

Selain perampingan, perubahan nama di beberapa deputi akan berubah. Nama-nama yang menghuni staf ahli Kemenpora juga akan berubah.

Sampai sekarang belum ada keterangan apa jabatan baru Gatot di Kemenpora. "Ketentuan lebih lanjut mengenai tugas, fungsi, susunan organisasi, dan tata kerja Kementerian Pemuda dan Olahraga ditetapkan oleh menteri setelah mendapat persetujuan tertulis dari menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang aparatur negara," begitu bunyi Pasal 36 Perpres tersebut.

Selama ini, Gatot menjadi salah satu tokoh sentral Imam dalam konflik dengan PSSI. Gatot selalu menjadi garda terdepan Imam saat memberikan keterangan di kalangan media. Dia juga dipercaya untuk bergabung ke Tim Sembilan bentukan Kemenpora.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022