Daftar 10 Top Scorer Eropa, Siapa Raih Sepatu Emas?

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo, cium sepatu emas
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Pemain seperti Lionel Messi, Thierry Henry, dan Diego Forlan pernah merebut sepatu emas Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Sedangkan Luis Suarez dan Cristiano Ronaldo jadi pemenang edisi terakhir. Sepatu emas musim ini milik siapa?

10 Nominasi Pemain Terbaik FIFA, Messi dan Ronaldo Punya Pesaing Berat

Usai musim 2013-14 lalu, Ronaldo dan Suarez berada satu posisi setelah mencatatkan 31 gol sepanjang musim. Dengan berakhirnya musim 2014-15 ini, maka top scorer di Eropa pun kembali akan disematkan.
Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi


Keputusan tersebut juga ditentukan oleh rangking liga tersebut di koefisien UEFA. Gol yang dicetak dalam 5 liga top Eropa akan dikalikan dua, sedangkan gol yang tercipta di liga peringkat 6-21 dikalikan 1,5. Gol di liga lainnya maka hanya dihargai satu poin.


Dalam peringkat 10 besar sepatu emas Eropa musim ini, pemain Olympique Lyon, Alexandre Lacazette, berhasil menduduki peringkat buncit dengan total poin 40,5 hasil 27 gol mencetak gol di Ligue 1 (dikalikan 1,5).


Setelah itu, pemain Maccabi Tel Aviv, Eran Zahavi (28 gol), bomber Tottenham Hotspur, Harry Kane (21 gol), dan penyerang Porto, Jackson Martinez (21 gol), sama-sama mencetak total 42 poin dan menduduki peringkat 7 klasemen.


Di peringkat 5 ada nama bintang anyar Atletico Madrid, Antoine Griezmann, yang sukses mengoleksi 22 gol sepanjang musim ini. Griezmann satu posisi dengan Neymar dengan total torehan 44 poin.


Peringkat 4 ditempati oleh pemain Red Bull Salzburg, Jonathan Soriano, yang mencetak 30 gol di Liga Austria dan mencatatkan total poin 45. Lalu, Sergio Aguero ada di posisi 3, di mana penyerang Manchester City itu mengumpulkan 52 poin berkat 26 golnya di Premier League.


Pada peringkat 2, bertengger nama Lionel Messi yang mencatatkan poin total 86 lewat 43 golnya. Bintang Barcelona itu harus mengakui keunggulan Cristiano Ronaldo di puncak.


Koleksi poin Ronaldo musim ini mencapai 96 dengan catatan 48 gol. Bintang Real Madrid itu pun sepertinya sukses mempertahankan sepatu emasnya untuk dua tahun beruntun. (One)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya