FIFA Ultimatum KONI dan Menpora Segera 'Jauhi' PSSI

Surat ancaman banned dari FIFA yang ditujukan pada Menpora
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Wirawan
VIVA.co.id
Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3
- Sanksi Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) untuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tinggal menunggu waktu saja untuk dijatuhkan. Ini tergambar dalam surat terbaru FIFA kepada PSSI.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Dalam surat tertanggal 4 Mei 2015 tersebut, FIFA dengan tegas memberikan batas waktu kepada PSSI untuk segera menyelesaikan konfliknya dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Jika tidak, maka sanksi akan dijatuhkan induk organisasi sepakbola dunia tersebut.
Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan


"Semua tindakan yang diambil Menpora dan/atau KONI telah menempatkan PSSI melanggar pasal 13 dan 17 statuta FIFA. Jika tidak ditarik hingga 29 Mei 2015, maka kami tidak ada pilihan lain selain mengajukan hal ini kepada badan FIFA yang berwenang agar diberikan sanksi," demikian bunyi surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke, tersebut.


Dalam surat itu, FIFA juga meminta agar PSSI berkorespondensi dengan Menpora dan KONI terkait hal ini. Organisasi pimpinan Sepp Blatter itu pun meminta pertemuan PSSI dan Menpora bisa memunculkan solusi terbaik sebelum 29 Mei mendatang.


PSSI pun melakukan langkah cepat. Selasa sore, Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti, menyambangi kantor Menpora. La Nyalla ditemani oleh acting Sekjen PSSI, Azwan Karim, dan anggota tim hukum PSSI.


"Kehadiran kami untuk menyampaikan surat dari FIFA kepada Pak Menteri. Isinya, FIFA memberikan peringatan sampai batas waktu 29 Mei. Intinya, Menpora harus duduk sama kami dan mencabut pembekuannya untuk memajukan sepakbola Indonesia," kata La Nyalla di kantor Kemenpora.


Sayangnya, Ketum PSSI ini tak bisa bertemu langsung dengan Menpora. Surat FIFA pun hanya diserahkan kepada Asisten Deputi Bidang Organisasi Keolahragaan, Doddy Ismadi.

 

"Di dalam surat itu, kami disuruh bertemu Menpora. Tapi, teman-teman sudah tahu sendiri, saya sudah tiga kali kemari dan saya tidak akan bosan-bosan. Mungkin ada ketiga, keempat sampai kami ketemu sama Menpora. Intinya, kami sudah punya niatan baik. Tapi, PSSI tetap memegang prinsip untuk berpegang teguh kepada Statuta FIFA dan PSSI," ungkap La Nyalla.


La Nyalla kembali menegaskan jika pihaknya tetap tak bisa duduk bersama dengan Menpora, maka sanksi berat bakal dijatuhkan oleh FIFA. "Setelah tanggal 29 Mei tidak ada titik temu, Indonesia pasti di-suspend," tuturnya.  (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya