Raih 8 Gelar Domestik di 4 Negara, Mourinho Sindir Guardiola

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVA.co.id - Jose Mourinho kembali mencatatkan rekor dalam kariernya sebagai pelatih. Pelatih 52 tahun ini meraih 8 trofi domestik di 4 negara berbeda.

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Trofi ke-8 Mourinho didapat setelah Chelsea mengklaim titel juara Liga Inggris musim ini. Sebelumnya, Mou juga memberi 2 gelar yang sama buat The Blues musim 2004/2005 dan 2005/2006.

Sebelum melatih Chelsea, Mourinho juga pernah 2 kali membawa FC Porto meraih kampiun Liga Portugal, musim 2002/2003 dan 2003/2004.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Setelah hijrah ke Inter Milan musim 2008/2009, ia juga sukses mendaratkan 2 trofi Serie A ke Giuseppe Meazza.

Kemudian, Mou juga meraih sukses saat melanjutkan petualangannya ke tanah Spanyol. Satu gelar juara La Liga musim 2011/2012, berhasil disumbangkan buat Real Madrid.

Scholes Ramal MU Paceklik Trofi 2 Tahun

Mou yang dikenal sebagai sosok kontroversial, menyindir Pep Guardiola usai keberhasilan mengantar Chelsea juara musim ini.

"Saya tidak melatih sebuah klub dimana seseorang bisa memenangkan gelar dengan mudah. Saya bukanlah orang yang cerdas memilih negara dan klub. Saya bisa saja memilih klub yang lebih mudah untuk memenangkan gelar juara," ujar Mourinho dikutip Goal.

Pernyataan Mourinho seakan memiliki arti sindiran bagi pelatih Bayern Munich Pep Guardiola. Jika ditelisik, Guardiola dengan Bayern memang lebih mudah mendapat gelar juara. Pasalnya, Bundesliga Jerman memang kalah kompetitif jika dibanding dengan Premier League.

Guardiola memilih bergabung dengan Bayern setelah mengakhiri kariernya bersama Barcelona. Sederet trofi bergengsi level Eropa dan dunia mampu diberikan Guardiola untuk klub Catalan.

"Mungkin di masa yang akan datang saya harus lebih pintar memilih klub di negara lain dimana semuanya adalah juara. Mungkin saya akan pergi ke sebuah negara dimana pelatih dengan mudah memenangkan gelar," kata Mourinho.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya