10 Larangan Paling Aneh dari Pelatih dan Klub Sepakbola (2)

Sir Alex Ferguson menerima pengharaan Diamond Achievement dari BBC
Sumber :
  • Daily Mail
VIVA.co.id
Di Manchester, Pogba Diperlakukan Layaknya Raja
- Manajer atau pelatih punya hak penuh kepada para pemainnya di atas lapangan. Perintah serta larangan, itu semua harus ditaati, termasuk hal yang dinilai aneh.

Masuk Polisi, 2 Penyerang Muda Tinggalkan PSM

Berikut 10 larangan aneh yang diberikan oleh para pelatih.

Saat Laga Testimoni, Rumah Rooney Disatroni Maling
6. Werder Bremen - melarang pemain membuat tato
Ketika ditangani Klaus Allofs, Bremen melarang para pemainnya membuat tato. Klub beralasan tak ingin pemainnya cedera karena melakukan seni rajah tubuh.


Larangan itu diterapkan bukan dengan serta merta. Klub berkaca pada kasus Eljero Elia yang mengalami infeksi serius selepas membuat tato pada 2012 lalu.


7. Sir Alex Ferguson - melarang aksi salto

Ferguson tekenal sebagai pelatih yang sangat disiplin. Tak heran jika banyak aturan serta larangan yang diterapkannya selama melatih MU.


Larangan yang paling terkenal adalah, para pemain tidak bolah melakukan salto, khususnya saat selebrasi gol. Ferguson pernah memarahi Luis Nani karena melanggar aturan itu. Bagi pria yang biasa disapa Fergie, aksi salto bagaikan tindakan bunuh diri karena jika salah mendarat bukan mustahil pemain bisa kehilangan nyawa.


8. Sir Alex Ferguson - melarang sepatu berwarna

Bila larangan salto masih masuk akal, namun yang satu ini agak unik. Ferguson tak suka pemainnya memakai sepatu warna-warni.


Layaknya di sekolah, Fergie hanya ingin anak-anak asuhnya memakai sepatu hitam. Mantan bek MU, John O'Shea pernah mengungkap cerita ini.


"Dia melarang di skuad muda. Ferguson hanya mamu mereka memakai sepatu hitam. Sedangkan di tim cadangan dan utama tak ada larangan. Namun jika memkai sepatu berwarna dan bermain buruk, maka kami akan dikucilkan," katanya.


9. Paulo Di Canio - melarang segala hal di Sunderland

Sempat menangani Sunderland pada 2013, Di Canio melakukan revolusi besar-besaran. Tak hanya saat di lapangan, namun juga di luar.


Dia melarang banyak hal mulai dari penggunaan telepon genggan, minum kopi, makan moyones, kecap dan minuman dingin. Belum cukup, pria asal Italia itu juga meminta pemainnya tidak membuat lelucon, bergosip dan menyanyi saat mandi.


10. Pep Guardiola - melarang mobil mewah di Barcelona

Ketika di Barcelona, Guardiola menerapkan aturan unik. Dia melarang para pemain membawa mobil mewah ke tempat latihan.


Aturan Guardiola itu sempat ditentang Zlatan Ibrahimovic. "Itu konyol. Tak ada urusannya orang lain dengan mobil saya," kata Ibra menantang pelatihnya di musim 2009 itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya