AFC Pantau Kisruh Menpora Vs PSSI

Pengurus PSSI periode 2015-2019
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
VIVA.co.id
Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3
- Federasi tertinggi sepakbola Asia (AFC) masih terus memantau perkembangan konflik yang terjadi antara Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Meski tidak secara langsung masuk ke dalam permasalahan, namun AFC berharap kedua belah pihak bisa menemukan jalan keluar terbaik. Sanksi pencabutan izin organisasi oleh Menpora menjadi fokus AFC.
Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan


"AFC menyadari perkembangan terakhir dan tindakan yang diambil oleh Kementerian Olahraga negara itu, dan kami sedang menunggu informasi lebih lanjut. Kami sedang memantau situasi dan tetap berhubungan erat dengan PSSI dan FIFA," demikian seperti dikutip dari Eurosport.


Akibat dari konflik ini, banyak pelaku sepakbola yang merasa khawatir dengan masa depannya. Salah satu contoh ialah pelatih Mitra Kukar, Scott Cooper. Pria asal Inggris itu memilih untuk mengundurkan diri karena takut kelak sanksi ini membuatnya mengalami kesulitan.


Selain itu, klub asal Kalimantan lainnya, Pusamania Bornoe FC pun sudah mulai menunjukan kejengahan mereka terhadap situasi yang tidak menentu seperti saat ini. Melalui Presiden klub, Nabil Husein, mereka berniat hengkang dari QNB League 2015 dan akan mengikuti kompetisi di negara lain.


Kisruh sepakbola nasional ini berawal dari dibekukannya organisasi PSSI oleh Menpora saat Kongres Luar Biasa di Subaya lalu. Dalam KLB tersebut, La Nyalla Mataliti terpilih sebagai Ketua Umum untuk periode 2015-2019.


Melihat hal tersebut, AFC pun mempertanyakan keputusan yang diambil oleh Menpora. Mereka menganggap hasil KLB PSSI lalu sudah sesuai dengan apa yang diatur dalam statuta FIFA.


"Perwakilan AFC hadir sebagai pengamat (sesuai prosedur normal AFC untuk kongres anggota asosiasi) dan melaporkan bahwa pemilihan berjalan sesuai prosedur yang berlandaskan Anggaran Dasar PSSI."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya