Langkah Meyakinkan Dua Raksasa ke Semifinal Liga Champions

Para pemain Barcelona merayakan gol Neymar
Sumber :
  • Reuters/Albert Gea
VIVA.co.id
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
- Dua raksasa Eropa, Barcelona dan Bayern Munich berhasil melaju ke semifinal Liga Champions dengan meyakinkan. Dua tim bertabur bintang ini sukses menaklukkan lawan-lawan mereka, Selasa 21 April 2015 (Rabu dini hari WIB).

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Di Camp Nou, dua gol Neymar menghentikan mimpi Paris Saint-Germain untuk melaju lebih lanjut. Blaugrana lolos dengan agregat 5-1, usai menang 3-1 di Parc des Princes. Kemenangan ini langsung disambut baik pelatih Barca, Luis Enrique.
Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal


"Kalau saya rewel berarti ada yang salah. Tapi, kalau tidak, maka saya tak bisa menepis kalau para pemain tampil sempurna mengikuti rencana," tutur Enrique seperti dilansir AS .

"Brilian melihat penampilan para pemain, tekanan yang kami berikan di paruh awal, dan peluang-peluang yang kami ciptakan," sambungnya.

Barca pun mulai diunggulkan untuk bisa menjuarai Liga Champions. Meskipun demikian bek Barca, Javier Mascherano, menuturkan perjuangan timnya menembus babak semifinal tidak mudah.


Dia memprediksi tantangan lebih berat akan dihadapi Barca saat bermain di semifinal nanti. "Memang sangat penting bagi klub lolos ke semifinal. Kami sudah menargetkan hal tersebut sebelum musim dimulai. Terdengar mudah, tapi sebenarnya sulit," kata Mascherano seperti dilansir AS.


Sementara itu, pelatih PSG, Laurent Blanc, mengakui jika PSG masih perlu waktu untuk berprestasi di Liga Champions. Les Parisien dinilai masih perlu bersabar untuk menjadi yang terbaik di Eropa.


"Jika Anda melihat Barcelona, Anda tahu perlu bersabar untuk menjuarai Liga Champions," ujar Blanc seperti dilansir ESPN FC.


"Berapa lama waktu yang diperlukan mereka? Mereka juara (untuk kali pertama) pada 1992, saat klub hampir merayakan ulang tahun ke-100. Saya tak bilang PSG perlu waktu selama itu, tapi kami perlu bersabar," katanya.


Amuk Bayern di Allianz Arena

Di laga lainnya di Allianz Arena, Bayern  Munich mengamuk. Raksasa Jerman ini melibas Porto dengan skor telak 6-1. Kemenangan tersebut membuat Die Roten maju ke semifinal dengan agregat 7-4.


Padahal, sebelumnya tak banyak yang memprediksi Bayern bisa menang telak. Apalagi, mereka sempat kalah 1-3 di Parc des Princes. Beberapa pemain Die Roten juga harus absen karena cedera.


Bayern memang tampil luar biasa di Allianz Arena. Mereka sudah unggul 5 gol di babak pertama. Hasil yang disambut pelatih Bayern, Pep Guardiola.


"Saya beruntung bisa melatih pemain hebat ini, tapi jika orang berpikir kami bisa memenangi setiap pertandingan (seperti ini), maka mereka harus mencari pelatih baru," ujar Guardiola seperti dikutip Sky.


Pelatih asal Spanyol ini mengatakan, Porto sebenarnya tim yang punya kualitas luar biasa. Itu terlihat saat wakil Portugal itu mengalahkan FC Hollywood di laga pertama.  "Mereka adalah tim hebat, tapi hari ini mereka tak mencapai level mereka," kata Guardiola.


Robert Lewandowski menyumbangkan dua gol di menit 27 dan 40. Stiker internasional Polandia ini sampai terkejut Bayern bisa unggul 5-0 di babak pertama.


"Babak pertama itu menakjubkan. Itu benar-benar hebat. Kami adalah Bayern dan kami bisa membalikkan kekalahan 1-3," kata Lewandowski, sebagaimana yang dilansir oleh UEFA.


"Kami tahu kami harus bekerja dengan sangat keras. Lima gol di babak pertama itu jelas gila, tentu saja," sambung mantan pemain Borussia Dortmund ini.


Lalu, apa kata pelatih Porto, Julen Lopetegui? "Kami sangat kecewa karena punya banyak harapan," kata pelatih Porto, Julen Lopetegui, seperti dilansir Sports Mole. "Tapi, itu sudah berubah buruk sejak awal."


"Kami kehilangan permainan di 20 menit babak pertama. Kami mencoba untuk mengubah beberapa hal di babak kedua dan saya pikir kami membaik, tapi itu sudah terlambat," tutur pelatih asal Spanyol tersebut.


Bayern Bakal Hadapi Barca?

Undian semifinal Liga Champions baru akan berlangsung pada 24 April 2015. Namun, beberapa kemungkinan bisa terjadi. Bukan tak mungkin, Bayern akan menghadapi Barcelona.


Mengenai kemungkinan tersebut, bek Blaugrana, Gerard Pique sama sekali tak gentar. "Saya tak berpikir bahwa kami perlu menghindari Bayern di semifinal Liga Champions," ungkap Pique kepada
ITV Sport
.


"Bermain di semifinal Liga Champions akan selalu sulit. Ketika bermain di semifinal, Anda harus tampil bagus dan perlu sedikit keberuntungan," dia menjelaskan.


Meski demikian, Pique tetap memberikan selamat kepada Bayern dan juga Guardiola. "Selamat kepada Pep, meskipun, Barcelona harus bermain bagus. Itu jelas skor yang bagus bisa menang 6-1," ujarnya.


Leg 1 partai semifinal akan berlangsung pada 5 dan 6 Mei 2015. Sementara itu, leg 2 bakal berlangsung pada 12 dan 13 Mei 2015.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya