PSSI Dibekukan Pemerintah, Sanksi FIFA Bayangi Indonesia

Logo di markas FIFA
Sumber :
  • Eurosport
VIVA.co.id
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Indonesia terancam mendapatkan sanksi dari otoritas tertinggi sepakbola dunia, FIFA. Hal itu setelah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) resmi membekukan PSSI.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Padahal, sebelumnya FIFA sudah memberikan surat peringatan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Isinya, peringatan agar Menpora dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) tak mengintervensi kompetisi sepakbola di Indonesia.
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot


Sebelumnya, kasus mirip sempat terjadi di Peru pada akhir tahun 2008. Saat itu, pemerintah Peru melakukan intervensi terhadap Federasi Sepakbola Peru (FPF).


Seperti dilansir situs FIFA, Presiden FPF, Manuel Burga dianggap sebagai biang keladi menurunnya sepakbola Peru sejak 2002. Selain itu, ada banyak kasus korupsi yang membuat pemerintah turun tangan. FIFA akhirnya membekukan FPF terhitung mulai 24 November 2008.


Akibat sanksi tersebut, Peru dilarang tampil di seluruh kompetisi internasional. Mereka pun gagal tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2010 dan Kualifikasi Piala Dunia 2014.


Beruntung, FPF pun akhirnya mampu memenuhi apa yang disyaratkan FIFA. Pada 20 Desember 2008, atau sebulan sejak sanksi diberikan, FIFA akhirnya mencabut hukuman tesebut. Peru akhirnya kembali diperbolehkan tampil di kompetisi internasional.


Selain Peru, FIFA juga sempat memberikan berbagai sanksi kepada negara yang melanggar statuta FIFA. Baca berita lengkapnya



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya