Aji Santoso: Semua Tim Punya Peluang Lolos Grup

Pelatih tim nasional Indonesia U-23, Aji Santoso (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Jerit Tangis Sepakbola Indonesia
- Indonesia memiliki peluang besar lolos penyisihan grup Sea Games 2015 di Singapura. Manahati Lestusen
cs
Sempat Tak Jelas, Bonus Basket SEA Games Akhirnya Cair Juga
 berada di grup yang relatif memiliki kekuatan merata. Hasil drawing
Persela Incar Pilar Timnas U-23
 menempatkan Tim Garuda di Grup A bersama Singapura, Myanmar, Filipina, dan Kamboja.

Meski terhindar dari grup neraka, namun pelatih Timnas U-23 Aji Santoso enggan sesumbar. Menurutnya, semua tim yang ada di grup ini sangat patut untuk diwaspadai.

Ketika dihubungi VIVA.co.id Rabu Malam, Coach Aji mengatakan jika semua tim yang berada di Grup A punya peluang yang sama lolos fase grup. Oleh karena, itu ia mewaspadai semua lawannya yang berada satu grup termasuk kuda hitam Filipina dan Kamboja.

"Ini grup yang cukup seru. Semua tim disini punya permainan yang bagus, semua tim juga punya peluang yang sama untuk lolos dari grup ini," kata ujar Coach Aji.

Disinggung lebih lanjut soal siapa lawan yang paling diwaspadai dalam laga di fase grup, Aji tetap mengatakan jika semuanya patut untuk diwaspadai. Tak terkecuali Kamboja yang notabene level-nya berada di bawah Indonesia.

"Semua tim, semua tim punya kekuatan yang sama, termasuk Kamboja. Kamboja bisa merepotkan Thailand di pertandingan terakhirnya. Meski kalah, Thailand harus menunggu lama buat cetak gol," ujarnya.

Disinggung soal persiapan, Aji mengatakan jika sudah ada 15 pemain yang sudah pasti akan ikut ke Singapura. Sisanya, ia masih akan melakukan proses seleksi dari beberapa klub.

Ia juga mengatakan akan melakukan laga uji coba jelang Sea Games 2015 bulan Juni mendatang. Meskipun belum disebut siapa yang akan menjadi lawannya di uji coba, eks pemain Timnas Indonesia ini mengatakan akan melakukan 2 hingga 3 kali uji coba.

"Sampai sekarang yang sudah fixed ada 15 pemain, sisanya kita akan seleksi lagi dari beberapa klub. Kita juga pasti akan melakukan uji coba baik lokal maupun internasional sekitar 2 sampai 3 kali," Aji menambahkan.

Soal target utama Timnas U-23, pria 45 tahun ini mengatakan akan lebih baik dari 2 tahun lalu. Seperti yang diketahui, Indonesia gagal di partai final dalam 2 kali penyeleggaraan Sea Games terakhir tahun 2011 dan 2013.

Indonesia hanya mampu menjadi runner-up dalam multievent dua tahunan tersebut.

"Saya tak mengerti apa yang dimaksud antiklimaks di kejuaraan. Yang jelas kita akan berusaha untuk lebih baik lagi dari tahun lalu," tutup Aji. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya